Diskriminasi gender dalam Film Pink: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakdiyah, Halimatus (2018) Diskriminasi gender dalam Film Pink: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sakdiyah_B96214121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gender ialah perbedaan perilaku antara laki-laki dan perempuan yang dikonstruksi melalui proses sosial dan kultural yang panjang. Sedangkan diskriminasi gender sendiri ialah pembedaan perlakuan terhadap kaum atau individu berdasarkan gender. Fokus masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini, adalah: (1) Apa saja penanda (signifier) dan petanda (signified) diskriminasi gender dalam film “PINK“, (2) Bagaimana makna penanda (signifier) dan petanda (signified) diskriminasi gender dalam film “PINK”. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes sehingga dapat menemukan penanda dan petanda diskriminasi gender dalam film Pink serta maknanya. Setelah dilakukan proses analisis, peneliti menemukan hasil sebagai berikut: (1) Penanda dan petanda diskriminasi gender yang dominan dalam film Pink berupa dialog dan adegan kekerasan yang dilakukan oleh beberapa pemeran di dalam film Pink. (2) Makna dominan dari diskriminasi gender dalam film Pink adalah pembatasan perilaku sosial, dalam bentuk marginalisasi, subordinasi, stereotipe, dan kekerasan baik fisik maupun mental terhadap wanita. Karena keterbatasan waktu dan peneliti sendiri, maka diharapkan pada penelitian lain dapat melanjutkan penelitian ini dengan metode dan hasil yang lebih sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakdiyah, Halimatush5.9cuy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Film
Keywords: Diskriminasi gender; Film Pink; semiotik Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sakdiyah Halimatus
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:11
Last Modified: 12 Feb 2018 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22648

Actions (login required)

View Item View Item