Analisis kepatuhan prinsip-prinsip syariah di Nisah's Home syariah homestay Gubeng Kertajaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnanta, Icha (2018) Analisis kepatuhan prinsip-prinsip syariah di Nisah's Home syariah homestay Gubeng Kertajaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Icha Ratnanta_C04213027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis dalam dunia penginapan banyak menarik perhatian masyarakat. Salah satunya adalah homestay berbasis syariah. Homestay syariah merupakan perpaduan antara bisnis homestay konvensional dengan memasukkan beberapa prinsip-prinsip (nilai-nilai) Islam di dalamnya. Konsep semacam ini adalah satu hal yang terbilang baru, namun banyak diminati oleh masyarakat yang mayoritas penduduknya adalah muslim seperti Indonesia. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah kepatuhan prinsip-prinsip syariah di Nisah’s Home Syariah Homestay Surabaya sudah sesuai syariah, nilai-nilai apa saja yang terlihat dalam penerapan prinsip syariah dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan usaha bisnis di Nisah’s Home Syariah Homestay Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip syariah, kepatuhan prinsip-prinsip syariah dan faktor pendukung serta penghambat dalam menjalankan usaha bisnis di Nisah’s Home Syariah Homestay Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah prinsip-prinsip syariah dengan sumber data general manajer homestay, manajer homestay, wakil manajer, tim marketing, dan karyawan di Nisah’s Home Syariah Homestay Surabaya. Data dalam penelitian ini di dapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Nisah’s Home Syariah Homestay Surabaya secara formal belum bisa dikatakan sebagai lembaga bisnis syariah, sebab belum mendapat sertifikasi halal dari dewan syariah nasional-majelis ulama Indonesia (MUI) seperti homestay-homestay lainnya, akan tetapi secara praktis bisa dikatakan sebagai homestay syariah, karena telah menjalankan prinsip-prinsip syariah yang ada dalam ajaran agama Islam. Prinsip-prinsip itu termasuk dalam aturan-aturan atau kebijakan homestay pada keseluruannya. Diantara menjunjung tinggi kejujuran, keadilan, bertanggungjawab, tidak diskriminatif, kesatuan dalam aspek pelayanan dan tentunya tidak ada praktik riba dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnanta, Ichaechaa_ananthaa@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Muamalat Muamalah
Bisnis
Keywords: Kepatuhan Prinsip-Prinsip Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ratnanta Icha
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:54
Last Modified: 12 Feb 2018 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22712

Actions (login required)

View Item View Item