Pengaruh motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya - Mas Mansyur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholila, Siti (2018) Pengaruh motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya - Mas Mansyur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Kholila_G74214066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh signifikan secara simultan maupun parsial antara Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya – Mas Mansyur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi dan determinasi serta regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunujukkan bahwa motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk perbankan syariah secara simultan terhadap keputusan menjadi nasabah berpengaruh secara positif dan signifikan dengan proporsi motivasi menghindari riba (X1) dan pengetahuan produk perbankan syariah (X2) terhadap keputusan (Y) sebesar 53,6%. Sedangkan untuk pengujian parsial motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah diketahui bahwa motivasi menghindari riba (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan sedangkan untuk variabel kedua pengetahuan produk perbankan syariah (X2) juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah (Y) di Bank Muamalat KC Surabaya – Mas Mansyur. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan meneliti faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya – Mas Mansyur sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholila, Sitisitikholilaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Pengambilan Keputusan
Riba
Keywords: Motivasi menghindari riba; pengetahuan produk; perbankan syariah; keputusan menjadi nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kholila Siti
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:54
Last Modified: 12 Feb 2018 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22715

Actions (login required)

View Item View Item