Makna daun bang di Desa Gebang Kec Sedati Kab Sidoarjo perspektif semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufatur Ridia, Nur (2018) Makna daun bang di Desa Gebang Kec Sedati Kab Sidoarjo perspektif semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Nur Mufatur Ridia _E01213063.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Desa Gebang Sedati Sidoarjo merupakan desa yang masyarakatnya mayoritas tergolong mata pencaharian sebagai nelayan. Masyarakat sekitar berinisiatif untuk menciptakan lapangan kerja dengan mengelolah kolam pemancingan ikan, yang biasa disebut tambak. Meskipun Desa Gebang terkenal dengan kolam pemancingan (tambak) bukan berarti seluruh wilayahnya dibangun pertambakan, akan tetapi sebagaian digunakan sebagai persawahan karena sawah adalah mata pencaharian para sesepuh zaman dahulu. Makna pohon bang yang memunculkan sebuah tanda merupakan tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus dan awal mulanya digunakan sebagai penutupan peti jenazah Masajeng Dewi Reni Sekardadu, sehingga dianggap sakral dan ajaib. Pokok pembahasan dalam skripsi ini meliputi bagaimana mitos daun bang di desa Gebang kecamatan Sedati kabupaten Sidoarjo; dan bagaimana makna daun bang di desa Gebang kecamatan Sedati kabupaten Sidoarjo perspektif semiotika Charles Sanders Pierce. Metode yang peneliti gunakan adalah kualitatif yaitu dengan memahami fenomena tentang sejarah desa yang mengkaitkan makna daun bang dengan cara historis yang memberikan informasi secara alamiah serta memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Peneliti juga menghubungkan teori triangle (segitiga makna) analisis semiotik Charles Sanders Pierce dengan menghimpun data dari bebagai dokumentasi yang mengkaitan tanda dengan teori makna yang terdapat pada daun bang. Penelitian ini menemukan bahwa masyarakat menganggap daun bang sebagai mitos dan makna. Daun bang yang dijadikan mitos oleh masyarakat Gebang yaitu dipercaya sebagai penyembuhan segala penyakit dan dapat terhindar dari roh-roh ghaib. Sedangkan makna daun bang yang berasal dari pohon bang yaitu pohon yang memiliki ciri-ciri khusus, pertumbuhannya tidak bertahap dan tidak dapat berkembang biak, serta tidak berbunga maupun berbuah. Daun bang tidak sekedar pohon biasa yang dijadikan mitos, tetapi daun ini mempunyai fakta yang dapat dibuktikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufatur Ridia, Nurmufaturridia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Filsafat
Adat
Keywords: Makna Daun Bang; Mitos Daun Bang; Semiotik Charles Sander Pierce
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Ridia Nur Mufatur
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:56
Last Modified: 12 Feb 2018 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22737

Actions (login required)

View Item View Item