شخصيات الأشخاص في رواية "رجل تحت الصفر" لمصطفى محمود

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Nur (2018) شخصيات الأشخاص في رواية "رجل تحت الصفر" لمصطفى محمود. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Lailiyah _A01214029.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “kepribadian tokoh dalam Novel Lelaki Di Titik Nol” karya Mustafa Mahmud dengan menggunakan teori kepribagian Sigmund Frued, yaitu menganalisis karakter kepribadian tiga tokoh, yakni Dr. syahin, Ir. Abdul Karim dan Rosita, ketiga tokoh tersebut diambil dari tokoh utama dan tokoh kedua yang menceritakan tentang kisah percintaan mereka, karena itu kepribadian mereka sangat menarik untuk diteliti. Dengan adanya latar belakang tersebut, penulis mengambil rumusan masalah sebagai berikut: 1) Ada berapa tokoh yang terdapat dalam novel “Lelaki di titik nol” karya Mustafa Mahmud?. Dan 2) Bagaimana bentuk karakter kepribadian tokoh dalam novel “Lelaki di titik nol” karya Mustafa Mahmud?. penelitan ini hanya fokus pada tokoh utama dan tokoh kedua. Untuk menjawab persoalan diatas, dalam menganalisis karakter kepribadian Dr. Syahin, Ir. Abdul Karim dan Rosita dalam novel “Lelaki Di Titik Nol” karya Mustafa Mahmud, peneliti menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Deskriptif ialah metode yang memaparkan hasil analisis karakter kepribadian Dr. Syahin, Ir. Abdul dan Rosita menurut teori Sigmund Frued. Kualitatif ialah metode analisis yang tidak menganggap remeh semua aspek dalam data dan tidak berupa angka-angka. Hasil dari analisis karakter kepribadian Dr. Syahin dan Ir. Abdul Karim dalam novel “Lelaki Di Titik Nol” karya Mustafa Mahmud yang lebih banyak adalah Id, sedangkan karakter kepribadian Rosita dalam novel “Lelaki Di Titik Nol” karya Mustafa Mahmud yang lebih banyak adalah Id dan Ego. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya dalam ketiga tokoh tersebut lebih dominan dalam karakter kepribadian Id.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Nurnlailiyah291@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sastra
Keywords: Karakter kepribadian; Tokoh; Lelaki di titik nol
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Lailiyah Nur
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:09
Last Modified: 14 Feb 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22975

Actions (login required)

View Item View Item