تغييرات الأوزان العروضية في شعر ابن الحداد الأندلسى

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riawati, Erni (2018) تغييرات الأوزان العروضية في شعر ابن الحداد الأندلسى. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Erni Riawati_A91214092.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu ‘aruḍ dan qawâfȋ merupakan salah satu cabang ilmu kesusastraan Arab dan pengertian ilmu ‘aruḍ adalah ilmu yang membahas pola-pola syi‘ir Arab untuk mengetahui wazan yang benar dan yang salah serta perubahan-perubahan yang terjadi pada wazan syi‘ir Arab.Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apa wazan arudl yang terdapat dalam syi’ir Ibnu al-Haddad al-Andalusi? (2) Bagaimana perubahan wazan arudl yang terdapat dalam syi’r Ibnu al-Haddad al-Andalusi?. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui wazan arudl dari macam-macam perubahan yang terdapat pada syi’ir Ibnu al-Haddad al-Andalusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori objektif, yakni dengan menguraikan bentuk susunan irama (wazan) dalam syi’ir Ibnu al-Haddad al-Andalusi dan perubahan-perubahannya berupa zihaf (kecepatan irama) dan illat (kecacatan irama).Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Syiir Ibnu al-Haddad al-andalusi pada bab “Majlisi Unsin Wa Sharaabin” menggunakan bahar mutaqarab, adapun pada bab “Madh Al-Mu’tashim” menggunakan bahar thawil. Pada bab “Majlisi Unsin Wa Sharaabin” menggunakan bahar mutaqarab, adapun dalam bahar mutaqarab tersebut terdapat beberapa macam arudl dan dharabnya, sebagai berikut: a) Bahar mutaqarab majzu’ah mahdzufah yang mempunyai dharab mahdzuf, yaitu terdapat pada bait ke- 1, 2, 3, 4, 6, 8, 9, 10, 11, 12, 13. b) Bahar mutaqarab majzu’ shahih yang mempunyai dharab mahdud, yaitu terdapat pada bait ke-5, 7, 14. Pada bab “Madh Al-Mu’tashim” menggunakan bahar thawil maqbudlzah yang mempunyai dharab maqbudl yaitu terdapat pada bait ke- 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12. Perubahan-perubahan wazan arudl yang ditemukan dalam syi’ir Ibnu al-Haddad al-Andalusi adalah sebagai berikut: a) Zihaf (perubahan yang terjadi pada huruf ke-2 dari sabab khafif dan sabab tsaqil yang ada pada taf’ilah) yang terdapat pada syi’ir ini berupa : Qabadl (pembuangan huruf ke-5 yang mati) pada bab “Majlisi Unsin Wa Sharaabin” bait ke- 1, 2, 3, 5, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14. Adapun pada bab “Madh Al-Mu’tashim” bait ke- 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12. b) ‘Illat (perubahan yang terjadi pada huruf ke-2 dari sabab khafif dan sabab tsaqil, demikian juga dari watad majmu’ dan watad mafruq yang ada pada ‘arudl dan dharabnya bait syi’ir) yang terdapat pada syi’ir ini berupa:Hadzaf (gugurnya sabab khafif di akhir taf’ilah) pada bab “Majlisi Unsin Wa Sharaabin” bait ke- 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14. Dengan demikian, Syi’ir Ibnu al-Haddad al-Andalusi pada bab “Majlisi Unsin Wa Sharaabin” dan bab “Madh Al-Mu’tashim” ditemukan beberapa irama wazan arudl dan macam-macam perubahannya, yaitu zihaf qabadl (pembuangan huruf ke-5 yang mati) dan ‘illat hadzaf (gugurnya sabab khafif di akhir taf’ilah).
Kata Kunci: Perubahan Wazan ‘aruḍ, Syi‘ir bab “Majlisi Unsin Wa Sharaabin” dan bab “Madh Al-Mu’tashim”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riawati, Erniriawati987@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Wazan; arud; syiir; madkhal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Riawati Erni
Date Deposited: 13 Feb 2018 09:00
Last Modified: 13 Feb 2018 09:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23131

Actions (login required)

View Item View Item