فعالية تطبيق وسائل التعلم الإلكتروني مودل لترقية مهارة الكتابة في تعليم اللغة العربية لتلاميذ الفصل الثامن في مدرسة نور الجديد المتوسطة بروبولينغو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imamah, Fitria Habibatul (2018) فعالية تطبيق وسائل التعلم الإلكتروني مودل لترقية مهارة الكتابة في تعليم اللغة العربية لتلاميذ الفصل الثامن في مدرسة نور الجديد المتوسطة بروبولينغو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitria Habibatul Imamah_D72213045.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa arab di SMP Nurul Jadid masih tradisional terutama saat pembelajaran kitabah. Guru hanya menyampaikan materi kepada siswa tanpa adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang ada, dan latar pendidikan siswa yang heterogen, dan hal tersebut dapat menghambat kemampuan kitanah mereka. Maka dari itu, peneliti menerapkan media berbasis elektronik dengan menggunakan jaringan internet, yaitu Moodle untuk meningkatkan Ketrampilan Menulis. Peneliti membahas tentang Efektivitas Penerapan Media E-Learning Moodle untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SMP Nurul Jadid Probolinggo dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid Probolinggo. 2) Bagaimana penerapan media E-Learning Moodle untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid Probolinggo. 3) Bagaimana efektivitas media E-Learning Moodle untuk meningkatkan kemampuan menulis pada pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid Probolinggo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan teknik pengambilam sampel yaitu purposive sampling. Peneliti mengambil sampel kelas VIII M, dengan jumlah siswa 30 orang. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah :1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi, 4). Tes dan 5) T-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penerapan media E-Learning Moodle dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa Materi “يوميّاتنا في البيت”. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari Analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil: T-hitung (8,8) lebih besar daripada T-tabel (2,04). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imamah, Fitria Habibatulfitriaimamah122@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Menulis
Pendidikan > Media
Keywords: Ketrampilan menulis; e-learning moodle
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Imamah Fitria Habibatul
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:47
Last Modified: 15 Feb 2018 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23217

Actions (login required)

View Item View Item