فعالية استراتيجية التعليم القائم على المشاريع لترقية كفاءة مهارة الكتابة لطلبة الصف الثامن بمدرسة التحريرية المتوسطة الإسلامية بنجلان مادورا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qiptiyah, Maryatul (2018) فعالية استراتيجية التعليم القائم على المشاريع لترقية كفاءة مهارة الكتابة لطلبة الصف الثامن بمدرسة التحريرية المتوسطة الإسلامية بنجلان مادورا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maryatul Qiptiyah_D02213006.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari Bahasa arab diperlukan media pembelajaran, metode dan strategi untuk mempermudah proses belajar mengajar dan bisa mencapai tujuan belajar. Namun, dalam kenyataannya penggunaan metode ataupun strategi pembelajaran masih sangat kurang khususnya dalam mempelajari maharah kitabah. Sebagian besar siswa berfikir bahwa kitabah adalah maharah yang sulit dan mereka susah dalam mengungkapkan pikirannya disebabkan kurangnya mufrodat dan kurangnya pemahaman dalam menyusun kalimat bahasa arab yang benar. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan strategi Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana kemampuan maharah kitabah siswa kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. 2. Bagaimana penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatakan maharah kitabah siswa kelas VIII-B?. 3. Bagaimana efektifitas penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatakan maharah kitabah siswa kelas VIII-B? Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif melalui instrumen penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 32 siswa kelas VIII-B di Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura, maka digunakan T-test. Terdapat efektifitas penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatkan maharah kitabah siswa kelas VIII-B di Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. Melalui hasil analisis T-test diperoleh nilai T-hitung lebih besar daripada T-tabel yaitu: 11.34 > 2.04. Sehingga, menunjukkan bahwa Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qiptiyah, Maryatulassifalaila@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Strategi; Project Based Learning (PjBL); keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qiptiyah Maryatul
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:36
Last Modified: 15 Feb 2018 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23270

Actions (login required)

View Item View Item