المحسنات اللفظية في مقامة الصدق للإمام الزمخشري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Anna Milhatur (2018) المحسنات اللفظية في مقامة الصدق للإمام الزمخشري. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anna Milhatur Rohmah_A01214005.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mempelajari Ilmu Badi’ sangatlah penting bagi kalangan mahasiswa sastra arab, karena Ilmu tersebut ditujukan untuk menguasai seluk beluk sastra sehingga memudahkan seseorang dalam meletakkan kata-kata sesuai maknanya, sehingga kata-kata tersebut menjadi indah, dan enak didengar.
Salah satu sastra yang mengandung unsur Ilmu Badi’ ialah maqamat. Maqamat merupakan salah satu karya sastra dengan bentuk prosa, yang didalamnya berisi kata-kata bijak dan juga nasehat. Contohnya maqamat ash-shidqi karya Imam Zamakhsyari yaitu karya sastra bentuk prosa yang berisi kata-kata bijak dan nasihat kejujuran, dengan menggunakan kata-kata sastra yang dihimpun olehnya. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti keindahan lafadz dalam maqamat ash-shidqi yang tersirat didalamnya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kualitatif ialah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka, sedangkan deskriptif ialah mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data ialah dengan menggunakan teknik tinjauan pustaka (library research), yaitu penulis membaca berulang-ulang hingga menemukan data-data yang berkaitan dengan muhassinat lafdziyah, setelah itu penulis melakukan analisis pada data-data tersebut dan menghasilkan hasil penelitian yang dikehendaki sesuai dengan rumusan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apa saja kata yang mengandung muhassinat lafdziyah dalam maqamat ash-shidqi karya Imam Zamakhsyari?, dan apa saja macam-macam muhassinat lafdziyah dalam maqamat ash-shidqi karya Imam Zamakhsyari? Dan hasilnya, peneliti menemukan 19 kata yang mengandung muhassinat lafdziyah dalam maqamat ash-shidqi karya Imam Zamakhsyari, dan macam muhassinat lafdziyah dalam maqamat ash-shidqi karya Imam Zamakhsyari yaitu jinas dan sajak, namun tidak ditemukan iqtibas. Jinas yang terdapat didalamnya berupa jinas ghoiru tam mudhoro’ sebanyak 8 data, jinas ghoiru tam muharraf sebanyak 3 data, satu jinas ghoiru tam qalb ba’du, dan tidak ditemukan jinas tam. Sedangkan sajak yang ditemukan didalamnya ialah sajak mutharraf sebanyak 8 data, dan sajak mutawazi sebanyak 9 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Anna MilhaturNadirahamida45@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Estetika
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Muhassinat Lafdziyah; Maqamat shidqi; Imam Zamakhsyari
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rohmah Anna Milhatur
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:51
Last Modified: 15 Feb 2018 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23302

Actions (login required)

View Item View Item