Pengorganisasian pemuda sebagai agen pengurangan risiko bencana dalam menghadapi wabah Epidemik di RW 3, Kelurahan Mulyorejo, Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhil, Muhammad (2018) Pengorganisasian pemuda sebagai agen pengurangan risiko bencana dalam menghadapi wabah Epidemik di RW 3, Kelurahan Mulyorejo, Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fadhil_B02213039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang tingginya ancaman serta risiko bencana epidemik yang berada di RW 3, Kelurahan Mulyorejo, Kota Surabaya. Tingginya ancaman dan risiko tersebut diakibatkan oleh rendahnya kesadaran warga dalam menghadapi ancaman bencana epidemik, tingginya pola pembangunan pemukiman, belum efektifnya kelompok masyarakat sadar bencana, dan penanganan stakeholder yang belum berbasis pengurangan risiko bencana. Sehingga tujuan daripada pendampingan ini adalah membangun kesadaran warga dalam menghadapi bencana epidemik melalui kegiatan kampanye poster, dan pembuatan peta risiko bencana epidemik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang memfokuskan masyarakat sebagai aktor utama dalam pengurangan risiko bencana epidemik. Berbagai prinsip kerja, prosedur penelitian, dan pengumpulan data yang digunakan bertujuan untuk memobilisasi manusia kreatif. Karena warga secara langsung ditempatkan sebagai subjek penelitian didorong untuk memecahkan persoalan secara mandiri. Melalui kegiatan kampanye penempelan poster dan pembuatan peta risiko bencana epidemik, pemuda menjadi agen dan kelompok yang berperan penting dalam upaya mereduksi ancaman bencana epidemik di RW 3, Kelurahan Mulyorejo, Kota Surabaya. Kedua kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi stimulus bagi upaya lainnya dalam rangka mengurangi bencana epidemik yang terjadi di RW 3, Kelurahan Mulyorejo, Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhil, Muhammadkimpetfadhil16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Masyarakat
Ekologi
Keywords: Pengorganisasian pemuda; bencana epidemik; pengurangan risiko bencana; poster; peta risiko bencana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fadhil Muhammad
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:44
Last Modified: 14 Mar 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23340

Actions (login required)

View Item View Item