Pengaruh penerapan strategi PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmania, Salsabila (2018) Pengaruh penerapan strategi PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Salsabila Rohmania_D71213134.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi PAKEM pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh penerapan strategi PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo? Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahanpenerapan strategi PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah negeri 1 sidoarjo, sebab kedua aspek tersebut sangat penting sebagai ketercapaian proses pembelajaran yang di inginkan, agar siswa mendapat hasil belajar dengan maksimal. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa-siawi kelas IX MTs Negeri 1 Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan “r” Product Moment, dapat disimpulkan bahwa: (1)Penerapan strategi PAKEM pada mata pelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah negeri 1 Sidoarjo bernilai 64%termasuk dalam kategori baik,(2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah negeri 1 Sidoarjo bernilai 93% termasuk dalam kategori baik, (3)Pengaruh penerapan strategi PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah negeri 1 Sidoarjo tergolong rendah.Berdasarkan hasil analisis product moment hasik korelasi kedua variabel tersebut menghasilkan 0,55 yang terdapat diantara 0,400-0,600 yang tergolong hubungan yang rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmania, Salsabilaihyaulquran9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Strategi PAKEM; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmania Salsabila
Date Deposited: 19 Feb 2018 05:03
Last Modified: 19 Feb 2018 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item