KOMPARASI ANTARA TEKNIK PENILAIAN GAMES BINGO DAN BOWLING KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhdiyah, Siti Muqtafiatul (2015) KOMPARASI ANTARA TEKNIK PENILAIAN GAMES BINGO DAN BOWLING KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Teknik penilaian games bingo adalah cara penilaian dengan menggunakan permainan komuniti yang mana nomor-nomor dicabut secara acak dan pemain memberi tanda nomor tersebut pada kupon yang telah disediakan sehingga terbentuk bentuk-bentuk tertentu (horizontal, vertical, maupun diagonal). Sedangkan teknik penilaian bowling kampus adalah cara memberikan penilaian dengan cara adu kecepatan dalam menjawab pertanyaan dalam bentuk permainan.
Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan tentang perbedaan hasil belajar dengan menggunakan teknik penilaian games bingo dan bowling kampus pada mata pelajaran fiqih. Sehingga dapat diketahui bagaimana perbedaan hasil belajar mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri Sidoarjo.
Berpijak dari latar belakang di atas, adapun rumusan masalah adalah sebagai berikut:1) Bagaimana perbedaan hasil penggunaan teknik penilaian games bingo dan bowling kampus terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis uji t test "Pooled Varians". Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Siswa dipilih 2 kelas dengan sistem undian, yang terpilih adalah kelas VII C dan D. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode test, observasi, interview, dan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan perhitungan analisis uji t test "Pooled Varians" dan program SPSS versi 16.0.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan teknik penilaian games bingo lebih tinggi yaitu 93, sedangkan teknik penilaian bowling kampus adalah 86. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji komparasi uji-t menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan teknik penilaian games bingo dan bowling kampus. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0, yaitu didapat nilai thitung = 3,616 dan ttabel = 1,997, thitung > ttabel, bahwa nilai signifikan (0,001) < 0,05. Artinya terdapat perbedaan antara teknik penilaian games bingo dan bowling kampus terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di Madrasah tsanawiyah Negeri Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhdiyah, Siti MuqtafiatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Komparasi Teknik Belajar; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:27
Last Modified: 19 Oct 2015 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item