Penumpasan Gerakan Shi’ah oleh Dinasti Saljuq di Baghdad Pada Abad XI M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khilmiyah, Mufroatin (2018) Penumpasan Gerakan Shi’ah oleh Dinasti Saljuq di Baghdad Pada Abad XI M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufroatin Khilmiyah_A92214107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini ialah: (1) Bagaimana keadaan Baghdad pada abad XI M? (2) Bagaimana gerakan-gerakan Shī’ah di Baghdad pada masa Dinasti Saljūq? (3) Bagaimana upaya Dinasti Saljūq dalam menumpas gerakan Shī’ah di Baghdad? Pendekatan yang digunakan untuk penulisan karya ilmiyah ini ialah pendekatan politik sementara penyusunannya dengan menggunakan metode penelitian sejarah; yaitu proses menguji dan menganalisis kesaksian sejarah guna menemukan data yang otentik dan dapat dipercaya untuk merekontruksi kejadian masa lampau. Data penelitian diperoleh melalui penelusuran dokumen terkait, baik yang ditulis oleh sejarawan sezaman ataupun data yang ditulis oleh sejarawan modern. Data tersebut dipilih sesuai dengan tema yang diambil dan dianalisis untuk diperoleh data yang sesuai kemudian baru ditulis. Sedangan teori yang digunakan ialah teori Hegemoni milik Antonio Gramsci dan teori Relasi Kuasa dari Michel Foucault. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pada abad XI M terjadi pergolakan pemerintahan politik dan aliran keagamaan antaran Sunni dan Shī’ah. Pada masa Dinasti Saljūq terdapat beberapa gerakan pemberontakan Shī’ah diantaranya gerakan Shī’ah Ismā’iliyyah Rafidiah yang dilakukan oleh Arselān al-Basāsīrī kemudian Hasan al-Ṣabbāh dengan Shī’ah Bātinīyahnya. Dinasti Saljūq dengan usaha-usahanya berupaya untuk menumpas gerakan Shī’ah dengan cara memerangi secara langsung gerakan-gerakan Shī’ah selain itu juga melalui intelektual yang dalam hal ini lewat pendirian madrasah yang dibantu oleh wazīrnya Niẓām al-Mulk, disisi lain ada peran dari ulama al-Ghazālī lewat karya tulisnya dalam mengkritik dan mengungkap sisi keburukan dari Shī’ah Bātinīyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khilmiyah, Mufroatinkhilmiyahmufroatin@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Aliran dan Sekte
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Dinasti Saljuq; Shi'ah; Baghdad
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Khilmiyah Mufroatin
Date Deposited: 21 Feb 2018 02:51
Last Modified: 21 Feb 2018 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item