القيم التنظيمية في المؤسسات الاقتصادية وتطبيقاتها: دراسة ميدانية على بنك نيجارا اندونيسيا الشريعة مالانج إندونيسيا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmed, Rehaf Ibraheem (2018) القيم التنظيمية في المؤسسات الاقتصادية وتطبيقاتها: دراسة ميدانية على بنك نيجارا اندونيسيا الشريعة مالانج إندونيسيا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rehaf Ibraheem Ahmed_F42416333.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut: Bagaimana nilai organisasi di lembaga ekonomi syariah (BNI Syariah Malang sebagai Model)?, bagaimana penyesuaian nilai organisasi dengan nilai Islam di lembaga ekonomi Islam (BNI Syariah Malang sebagai Model)?, dan bagaimana pengawasan nilai organisasi dan nilai Islam di lembaga ekonomi Islam (BNI Syariah Malang sebagai Model)? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan di bank BNI Syariah Malang, adapun alat pegumpulan data berupa wawancara dan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BNI Syariah Malang mempunyai pandangan bahwa hukum islam adalah sumber utama dari nilai organisasi, adapun hubungan antara nilai organisasi dengan nilai-nilai islam di lembaga ini sangat erat dan menyeluruh. Sedangkan pengawasan terhadap nilai organisasi di bank BNI berada dibawah naungan majelis ulama Indonesia (MUI) dan dewan syariah nasional (DSN). Nilai organisasi tersebut mendukung kepatuhan karyawan dan meningkatkan komitmen mereka dalam bekerja. Penelitian ini menunjukan kompatibilitas antara nilai organisasi dengan nilai-nilai keislaman, hal itu disebabkan karena visi, misi dan tujuan bank syariah yang mengacu pada perkara ini, nilai organisasi tersebut dapat meningkatkan tingkat kinerja dan kepuasan nasabah dengan cara penyediaan alternatif halal dan jauh dari riba bagi masyarakat. dan kesesuaian ini dapat menjauhkan lembaga dari permasalahan organisasi sebagaimana juga dapat mendukung pengorganisasian informal yang lebih baik di bank. Tujuan dari pengawasan nilai organisasi di bank BNI adalah mengetahui tingkat kepatuhan karyawan dan komitmen mereka terhadap nilai-nilai organisasi, serta mengembangkan nilai-nilai tersebut dan menanamkannya kepada mereka melalui metode pelatihan pegawai yang bekerja sama dengan para ahli, dalam bentuk ceramah yang bertujuan untuk mendukung etos kerja dan nilai-nilai keislaman. Dewan pengawas melaksanakan tugas pengawasan, termasuk didalamnya memantau nilai organisasi dengan menggunakan alat kontrol yang terdiri dari media survei komprehensif dan observasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmed, Rehaf Ibraheemrehaf7752@gmail.comF42416333
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah.Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Nilai organisasi; lembaga ekonomi; Bank Syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ibrahem Rehaf Ibraheem Ahmed
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:40
Last Modified: 24 Feb 2020 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23880

Actions (login required)

View Item View Item