Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bilingual dengan mengaplikasikan tujuh komponen pembelajaran kontekstual untuk SMP kelas VIII pada materi luas permukaan prisma dan limas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Salwa (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bilingual dengan mengaplikasikan tujuh komponen pembelajaran kontekstual untuk SMP kelas VIII pada materi luas permukaan prisma dan limas. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salwa Amaliyah_D74208069.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan (Four D Model) yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahap, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bilingual dengan mengaplikasikan tujuh komponen pembelajaran kontekstual pada materi luas permukaan prisma dan limas untuk kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, buku siswa, dan LKS, dinilai berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, angket respon siswa, dan lembar tes basil belajar siswa. Perangkat ini diujicobakan secara terbatas pada 33 siswa kelas VIII A SMP Bilingual Terpadu Krian tabun ajaran 2011/2012. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut: 1) Masing-masing perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapat penilaian dengan kategori sangat valid, 2) Rata-rata total penilaian untuk masing-masing perangkat adalah 4,23 untuk RPP, 4,04 untuk buku siswa, dan 4,20 untuk LKS, 3) Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, 4) Aktivitas guru dan siswa dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal dalam RPP), 5) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif (93% terlaksana dengan nilai 3,41), 6) Respon siswa memenuhi kriteria efektif (70% atau lebib siswa merespon dalam kategori positif, 7) Hasil belajar siswa tidak memenuhi batas ketuntasan secara klasikal (57,57%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, SalwaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan; Bilingual; Kontekstual; Prisma; Limas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2018 04:18
Last Modified: 26 Mar 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23942

Actions (login required)

View Item View Item