Hak bagi pengguna jalan: hadits Sunan Abu Dawud No. Indeks 4815 Muhaqqiq Muhammad Abdul Aziz Al­ Akhalidi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nggufron, Akhmad (2010) Hak bagi pengguna jalan: hadits Sunan Abu Dawud No. Indeks 4815 Muhaqqiq Muhammad Abdul Aziz Al­ Akhalidi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Nggufron_E63207020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian hadits yang terdapat dalam Sunan Abu Dawud no. lndeks 4815 diharapkan dapat memberikan satu pemahaman yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menjawab fenomena ini. Penelitian ini mengarah kepada kualitas, kehujjahan, dan pemaknaan hadits. Dalam pengumpulan data digunakan metode library research (kepustakaan) dan dalam mengkaji data digunakan metode takhrij, 'itibar, kritik sanad maupun matan dan teori pemaknaan. Penelitian hadits tentang hak bagi pengguna jalan ini menyimpulkan bahwa hadits tersebut berkualitas hasan Ii dzatihi. Hal ini disebabkan karena adanya rawi yang bernama Abdul Aziz bin Muhammad dinilai oleh para kritikus sebagai rawi yang daya hapalannya kurang kuat. Namun, kualitas hadits tersebut naik menjadi shahih Ii ghairihi disebabkan adanya mutabi' tam (bagi rawi sanad pertama) maupun mutabi' qashir (bagi rawi yang bermasalah) dan adanya syahid. Disamping itu matan hadits tersebut tidak bertentangan dengan tolak ukur yang dijadikan sebagai barometer penilaian ke-shahihan-an matan. Sehingga hadits ini dapat dijadikan sebagai hujjah dan dapat diamalkan. Sedangkan pemaknaan hadits yang dilakukan dengan pendekatan dilalah al-isyarah memberikan suatu pemahaman tentang hak­hak yang seharusnya diterima oleh para pengguna jalan. Hak-hak tersebut yaitu:1) terhindar dari pandangan orang-orang yang duduk di jalan yang bisa menimbulkan fitnah; 2) terhindar dari ucapan maupun perbuatan negatif dari orang-orang yang duduk di jalan; 3) dihormati dan dijawab salamnya apabila ia mengucapkan salam; dan 4) diperintah untuk melakukan kebaikan dan dicegah dari melakukan kemunkaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nggufron, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Hak bagi pengguna jalan; hadits Sunan Abu Dawud; Muhaqqiq Muhammad Abdul Aziz Al­ Akhalidi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:31
Last Modified: 04 Apr 2018 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item View Item