فعالية طريقة تعاونية متكاملة القراءة والتأليف لترقية فهم الطلاب في مهارة القراءة بالمدرسة العالية الحكومية سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vauzi, Herlina (2011) فعالية طريقة تعاونية متكاملة القراءة والتأليف لترقية فهم الطلاب في مهارة القراءة بالمدرسة العالية الحكومية سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herlina Vauzi_D02206038.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24127

Abstract

Model atau metode pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca bagi siswa kelas X-6 di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Karena model pembelajaran ini adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berperan aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan melatih kemampuan pemahaman membaca itu membutuhkan sebuah teknik untuk mendapatkan partisipasi siswa melalui tulisan, siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan hasil pembacaannya terhadap teks dengan cara menstimulir siswa untuk menyelidiki atau mempelajari sendiri materi pelajarannya dan kemudian memberi ihtisar dari materi tersebut, tanpa penjelasan terlebih dahulu dari guru. Model pembelajaran ini menstimulasi pengajaran pertanyaan, yang mana merupakan kunci belajar. Atas dasar permasalahan di atas maka tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC bagi siswa kelas X-6 di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, untuk mengetahui kemampuan pemahaman membaca bahasa Arab siswa, untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC, untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X dalam maharoh qiro'ah di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus Product Moment. Untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan empat instrument pengumpulan data, yaitu: interview, observasi, dokumentasi dan angket. Setelah mendapatkan data, penulis menganalisa sesuai dengan jenis datanya. Adapun efektifitas metode CIRC untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam maharoh qiro'ah di MAN Sidoarjo berjalan cukup baik, asumsi dengan menyatakan bahwa pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X-6 dalam maharotul qiro'ah di MAN Sidoarjo diterima dengan adanya dalil tt > t0 atau 2,00<4.04>2,66 meskipun pengaruhnya kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vauzi, Herlina--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: metode pembelajaran; cooperative integrated reading and composition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2018 05:51
Last Modified: 12 Apr 2018 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24127

Actions (login required)

View Item View Item