PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK AUTIS MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN : STUDI KASUS SANTRI X DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN NURUL HIDAYAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Fenny (2015) PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK AUTIS MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN : STUDI KASUS SANTRI X DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN NURUL HIDAYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Potensi spiritual manusia merupakan kekuatan pengendali serangkaian tindakan instingtif manusia dalam memenuhi kebutuhan fisik dan psikisnya. Kecerdasan ini harus mulai diasah dan dikembangkan sejak anak belum masuk sekolah sekalipun, sehingga kecerdasan ini dapat berkembang secara optimal. Autis adalah suatu kondisi mengenai seseorang yang didapatkannya sejak lahir atau masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat berhubungan sosial atau komunikasi secara normal. Dalam konteks pembinaan SQ anak autis diupayakan agar bisa membuat anak lebih cerdas dalam beragama. lembaga penyelenggara yang mengoptimalkan kecerdasan SQ sebagai proses pembentukan dan pengembangan potensi anak harus tersistematis. Salah satu cara untuk melaksanakan pembinaan kecerdasan spiritual adalah salah satunya dengan membaca al-Qur’an.
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Pembinaan Kecerdasan Spiritual Anak Autis Melalui Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus Santri X di TPQ Nurul Hidayah Surabaya).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan anak autis di TPQ Nurul Hidayah Surabaya, mengetahui pembelajaran al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah Surabaya, dan mengetahui pembinaan kecerdasan spiritual anak autis melalui pembelajaran al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah Surabaya.
Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data-data tersebut diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keadaan anak autis (santri X) di TPQ Nurul Hidayah didiagnosa mengalami gejala autis jenis sindrom Asperger. Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah Surabaya menggunakan metode tilawati. Dimana pembelajaran al-Qur’an melalui metode tilawati dapat meningkatkan kecerdasan spiritual melalui teknik klasikal, baca simak bahkan dengan lagu rost yang menjadi lagu khas dari metode tilawati. Pembinaan kecerdasan spiritual anak autis (santri X) melalui pembelajaran al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah adalah dengan menggunakan metode tilawati. Hal ini terbukti dengan perubahan sikap yang terjadi. Selain itu pembinaan kecerdasan spiritual anak autis dengan penanaman nilai-nilai agama sudah dilaksanakan melalui pembinaan nilai-nilai tauhid, penanaman fiqih, penanaman nilai akhlak, penanaman makna ikhlas, menjaga kesucian, penanaman al-Qur’an dan Hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Liliek Channa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, FennyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembinaan Kecerdasan Spiritual; Anak Autis; Pembelajaran Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:18
Last Modified: 26 Oct 2015 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item View Item