Implementasi prinsip kehati-hatian dalam pembiayaan mudharabah di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardina, Jazila (2018) Implementasi prinsip kehati-hatian dalam pembiayaan mudharabah di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ardina Jazila_F14213207.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prinsip kehati-hatian inilah sebagai salah satu akar kuatnya perbankan, suatu asas yang menyatakan bahwa dalam menjalankan fungsi dan kegiatan usahanya wajib bersikap hati-hati untuk melindungi dana masyarakat yang dipercayakan padanya. Peranan prinsip-prinsip kehati-hatian (prudential banking principle) sekurang-kurangnya terdapat (5) prinsip, dalam melakukan penilaian terhadap calon denitor, maka bank harus berpedoman terhadap factor-faktor, seperti: watak (character), kemampuan (capacity), modal (capital), jaminan (collateral), kondisi ekonomi (condition of economy). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diperoleh dengan setting alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mendiskripsikan pemahaman yang mendalam dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penerapan prinsip kehati-hatian pada pembiayaan mudharabah menggunakan analisis kelayakan 6’C principles (character, capacity, capital, condition, collateral, constrains) dengan lebih mengutamakan pada aspek analisis character (karakter), capacity (kemampuan) dan collateral (agunan) yang dinilai melalui pendapatan usaha yang diperoleh setiap bulannya dan kelayakan agunan yang diberikan oleh calon anggota. Prinsip kehati-hatian dan strategi dalam meminimalkan risiko pembiayaan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember dilakukan dengan 2 tahap tindak lanjut yaitu preventive control of financing dan repressive control of financing. Penerapan prinsip kehati-hatian merupakan salah satu cara perbankan yang memiliki dampak positif dan negatif dalam pemberian pembiayaan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember sehingga bank tidak diperbolehkan hanya menuntut pencapaian target saja tanpa menegakkan prinsip kehati-hatian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardina, Jazilajazila01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Prinsip Kehati-hatian; Pembiayaan; Mudharabah; Bank Syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Jazila Ardina
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:44
Last Modified: 23 Apr 2018 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24333

Actions (login required)

View Item View Item