Pesan dakwah dalam komik 'Novel Grafis Si Toyeb: Suka-Cita Anak Pesantren karya Husni Assaerozi'

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfadila, Siti (2018) Pesan dakwah dalam komik 'Novel Grafis Si Toyeb: Suka-Cita Anak Pesantren karya Husni Assaerozi'. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nurfadila_B71214059.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pesan akhlak yang terkandung dalam Novel Grafis Si Toyeb: Suka–Cita Anak Pesantren Karya Husni Assaerozi? Serta Bagaimana pesan dakwah ajakan cinta pesantren yang terkandung dalam Novel Grafis Si Toyeb: Suka–Cita Anak Pesantren? Dengan tujuan untuk mengetahui pesan akhlak dan pesan dakwah ajakan cinta pesantren yang terkandung dalam komik tersebut. Dalam menjawab rumusan masalah di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis analisis teks media model Roland Barthes. Analisis semiotik model Roland Barthes dipilih sebagai alat untuk mengupas dan meneliti gambar dan isi teks dalam kesatuan panel komik yang menjadi objek penelitian, dengan bentuk pembacaan makna tanda secara denotatif dan konotatif sebagai lingkup pembahasan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah ditemukannya kandungan pesan akhlak mahmudah dan mazmumah. Seperti terpujinya perbuatan saling menghormati dan menyayangi dan tercelanya perilaku berbohong. Untuk muatan pesan ajakan cinta pesantren, hal tersebut ditemukan dalam (1) gambaran tradisi pesantren yang ternyata bermanfaat baik secara agama dan ilmiah, (2) sajian cerita seru, lucu dan asyik tentang kehidupan anak pesantren yang mampu membuat pembaca ingin mengenyam pendidikan di sana, dan (3) cerminan potret kecil dari pentingnya kehidupan pesantren sebagai benteng pendidikan agama bagi anak manusia. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, agar mampu mengembangkan penelitian ini dari sisi lain, misal mencari pengaruh Novel Grafis Si Toyeb terhadap akhlak anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfadila, Sitidil03.fadila@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; komik 'Novel Grafis Si Toyeb; analisis semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurfadila Siti
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:52
Last Modified: 30 Apr 2018 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24518

Actions (login required)

View Item View Item