Urgensi akal dan implikasinya dalam mencapai tujuan pendidikan Islam: studi integratif Islam dan filsafat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdani, Much. Syarifudin (2018) Urgensi akal dan implikasinya dalam mencapai tujuan pendidikan Islam: studi integratif Islam dan filsafat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Much. Syarifudin Hamdani_D71214070.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keingintahuan penulis tentang urgensi akal dan sejauh mana kemampuan dan fungsi akal dalam kaitannya dengan kehidupan manusia di dunia, juga seberapa berimplikasi akal dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Sehingga dalam skripsi ini memunculkan rumusan masalah sebagai berikut: pertama, bagaimana urgensi akal dalam Islam?, kedua, bagaimana implikasi akal dalam mencapai tujuan pendidikan Islam? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penulis menggunakan jenis penelitian pustaka atau juga dikenal dengan istilah kajian pustaka (literery research), yaitu bentuk penampilan argumentasi penalaran keilmuan yang memaparkan hasil kajian pustaka dan hasil olah pikir penulis mengenai suatu masalah/ topik kajian. Dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik library research, atau riset kepustakaan, dengan teknik pengolahan data menggunakan metode analisis dan sintesis. Proses analisis dan sintesis diawali dengan mengumpulkan seluruh data tentang akal dan tujuan pendidikan Islam guna mengetahui implikasi akal dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Dari data-data yang berhasil dikumpulkan dan disusun, ditemukan hasil sebagai berikut: Pertama, akal adalah daya pikir yang bila digunakan dapat mengantar seseorang untuk mengerti dan memahami persoalan yang dipikirkannya. Juga sebagai suatu potensi ruhaniah manusia yang berkesanggupan untuk mengerti sedikit secara teoritis realistis kosmis yang mengelilinginya, dalam mana ia sendiri juga termasuk, dan untuk secara praktis merubah dan mempengaruhinya. Para ahli membagi akal menjadi dua, yakni akal praktis dan akal teoritis. Akal praktis memutuskan perhatian kepada alam materi, menangkap kekhususan. sedangkan Akal teoritis sebaliknya bersifat metafisis, mencurahkan perhatian kepada dunia materi dan menangkap keumuman (kulliyat universals). Kedua, Berkaitan dengan implikasi akal dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Akal sebagaimana fungsinya sebagai alat untuk berfikir, merenung serta menghayati juga untuk mengembangkan gagasan, konsep dan ide-ide cemerlang, sangat erat kaitannya dengan pendidikan. Akal pula yang menentukan seseorang dalam mendapatkan ilmu. Dan dikarenakan tujuan pendidikan Islam hanya bisa dicapai dengan proses pendidikan dan memahami ilmu. Maka akal memiliki peran yang sangat signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdani, Much. Syarifudinsyariefhamdani@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Akal; Implikasi; Tujuan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hamdani Much. Syarifudin
Date Deposited: 07 May 2018 06:44
Last Modified: 07 May 2018 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24689

Actions (login required)

View Item View Item