Pengaruh shalat berjamaah terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTsN 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Moh. Fatkur (2018) Pengaruh shalat berjamaah terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTsN 4 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Fatkur Rohman_D91214095.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas adanya pembiasaan shalat berjamaah peserta didik di MTsN 4 Surabaya, yang rutin dilaksanakan tiap waktu dzuhur dan ashar. Pembiasaan ini begitu ditekankan dengan baik oleh bapak – ibu guru, dengan memperhatikan sunnah – sunnah yang mengiringi shalat berjamaah tersebut. Oleh sebab itu, muncul pertanyaan apakah ada pengaruh shalat berjamaah terhadap hasil belajar peserta didik di MTsN 4 Surabaya, yang kemudian dipersempit batasan masalahnya menjadi hasil belajar mata pelajaran Fiqih. Adapun rumusan masalahnya adalah ; (1) Bagaimana pelaksanaan shalat berjamaah peserta didik di MTsN 4 Surabaya ? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik di MTsN 4 Surabaya? (3) Bagaimana pengaruh shalat berjamaah terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih di MTsN 4 Surabaya ? Populasi dan sampel pada penelitian ini berasal dari MTsN 4 Surabaya, dengan jumlah populasi sebanyak 635 peserta didik, dengan 412 peserta didik yang bisa digunakan untuk sampel penelitian. Sampel yang digunakan sebesar 12% dari jumlah populasi, yakni 50 peserta didik. Selanjutnya sampel akan diberi angket, dan tes kognitif. Hasil yang didapat akan dianalisis menggunakan rumus regresi linear sederhana untuk mencari seberapa besar pengaruh antara shalat berjamaah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana, diketahui bahwa hasil dari R adalah 0.672. Hal ini menunjukkan bahwa shalat berjamaah mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih sebesar 67%. Sedangkan ditinjau dari besar kecilnya hubungan kedua variabel, dapat dianalisis dari harga R Square yang menunjukkan angka 0.452 persen. Artinya kedua variabel memiliki hubungan yang cukup kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Moh. Fatkuralghufran1118@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pengaruh; Shalat berjamaah; Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohman Moh. Fatkur
Date Deposited: 07 May 2018 01:34
Last Modified: 07 May 2018 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24690

Actions (login required)

View Item View Item