Korelasi antara penerapan hukuman dengan kedisiplinan sholat berjama'ah santriwati Tsanawiyah di Pondok Pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Maslahatun (2018) Korelasi antara penerapan hukuman dengan kedisiplinan sholat berjama'ah santriwati Tsanawiyah di Pondok Pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maslahatun Nisa'_D01214012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitan ini yaitu: (1) Bagaimana kedisiplinan Santriwati dalam sholat berjama’ah di Pondok Pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana penerapan hukuman terhadap pelanggaran kedisiplinan sholat berjama’ah di pondok pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo? (3)Adakah pengaruh penerapan hukuman terhadap kedisiplinan sholat berjama’ah santriwati Tsanawiyah di Pondok Pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan hukuman sebagai alat pendidikan untuk mendisiplinkan sholat berjama’ah santriwati tsanawiyah di Pondok Pesantren Fadllillah. Yang mana penerapan hukuman dibagi menjadi 2 yakni hukuman fisik dan non-fisik tentunya saja dengan strategi Tarbawi atau mendidik sehingga tetap menimbulkan efek jerah tanpa harus meninggalkan bekas trauma. Dengan penerapan hukuman tersebut santri akan lebih disiplin mentaati peraturan khususnya dalam sholat berjama’ah. Kedisiplinan sholat berjama’ah yang dimaksud adalah seputar berpakaian yang suci, datang tepat waktu, membaca dzikir dan aqidatul awwam, dan mendirikan sholat sunnah rowatib qobliyah dan ba’diyah. Data-data penelitian ini dihimpun dari santri tsanawiyah sebesar 30% atau 46 santriwati tsanawiyah sebagai obyek penelitian. Dan mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan persentase dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier sederhana, dapat disimpulkan bahwa: (1) Persentase santriwati yang disiplin dalam sholat berjama’ah cukup baik yakni 64% (2) Persentase penerapan hukuman di pondok pesantren Fadllillah baik dengan persentase 61% (3) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan hukuman dengan kedisiplinan sholat berjama’ah santriwati Pondok Pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo, dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh 85% penerapan hukuman mempengaruhi kedisiplinan sholat berjama’ah santriwati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', MaslahatunMaslahatunnisa10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Pendidikan > Metode
Keywords: Penerapan Hukuman; Kedisiplinan Sholat Berjamaaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisa' Maslahatun
Date Deposited: 09 May 2018 01:29
Last Modified: 09 May 2018 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24706

Actions (login required)

View Item View Item