Pengaruh penggunaan media Power Point pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Tanada Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Muhammad Ainul (2018) Pengaruh penggunaan media Power Point pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Tanada Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ainul Yaqin_D71214072.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penggunaan media power point dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs TANADA Sidoarjo? (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik MTs TANADA Sidoarjo ketika mengikuti pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam? (3) Sejauh mana pengaruh penggunaan media power point pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs TANADA Sidoarjo? Pernelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kondisi peserta didik ketika mengikuti pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Tanada kurang antusias. Hal ini bahkan menimbulkan persoalan dilematis, karena dengan rendahnya motivasi belajar, sebenarnya tidak mungkin siswa dapat menguasai bahan pembelajaran dengan baik, namun harus diluluskan demi kelangsungan sekolah tersebut. Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier ganda, dapat disimpulkan bahwa : (1) Persentase penggunaan media power point pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo bernilai 56 % termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Persentase motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo bernilai 49 % termasuk dalam kategori kurang baik. (3) adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media power point pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo. dengan hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 4,731 lebih besar dari t tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Muhammad Ainulprof.ainul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Sejarah
Keywords: Power Point; Sejarah Kebudayaan Islam; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yaqin Muhammad Ainul
Date Deposited: 07 May 2018 04:46
Last Modified: 07 May 2018 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24709

Actions (login required)

View Item View Item