فعالية استخدام وسيلة التعليم برنامج سيفركول لترقية مهارة القراءة والكتابة لتلاميذ الفصل العاشر بمدرسة دار العلوم الثانوية الإسلامية وارو سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur (2018) فعالية استخدام وسيلة التعليم برنامج سيفركول لترقية مهارة القراءة والكتابة لتلاميذ الفصل العاشر بمدرسة دار العلوم الثانوية الإسلامية وارو سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Aini_D92214074.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan membaca dan menulis siswa-siswi pada mata pelajaran bahasa Arab. Diantara problem-problem yang menyebabkan kemampuan membaca dan menulis lemah antara lain : pada realitanya mereka kurang memahami mufrodat dan mereka lemah dalam menggunakan lahjah saat membaca teks bacaan dan juga kurangnya latihan tarokib dalam hal keseharian serta media yang digunakan kurang bervariasi mengakibatkan siswa-siswi merasa bosan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan keterampilan membaca dan menulis siswa, penulis menggunakan media pembelajaran yaitu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana efisien keterampilan membaca dan menulis siswa kelas X MA Darul Ulum Waru Sidoarjo?, 2. Bagaimana penggunaan media pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas X MA Darul Ulum Waru Sidoarjo?, 3. Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas X MA Darul Ulum Waru Sidoarjo? Dalam permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan uji T dan prosentase. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas X MA Darul Ulum Waru Sidoarjo dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini bisa kita lihat dari nilai siswa sebelum “penggunaan Aplikasi Sparkol Videoscribe” dengan rata-rata nilai 71% dan sesudah “penggunaan Aplikasi Sparkol Videoscribe” dengan rata-rata nilai 83%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nurainifani12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Guru
Pendidikan
Keywords: Kemampuan membaca dan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aini Nur
Date Deposited: 07 May 2018 07:35
Last Modified: 07 May 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24741

Actions (login required)

View Item View Item