IDENTIFIKASI DIMENSI PENGETAHUAN YANG DIGUNAKAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Siti Jurotul (2015) IDENTIFIKASI DIMENSI PENGETAHUAN YANG DIGUNAKAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Dimensi pengetahuan menurut Anderson dan Krathwohl terdiri dari empat jenis yaitu pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif. Keempat dimensi pengetahuan tersebut adalah faktor penting dalam berpikir siswa untuk mendukung proses belajar. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan pengetahuan yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi pengetahuan yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan yaitu kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon. Teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling. Diperoleh sampel sebanyak 6 siswa. Klasifikasi pengambilan sampel tersebut adalah 2 siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, 2 siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan matematika dan mengetahui dimensi pengetahuan yang digunakan siswa sedangkan wawancara untuk menggali data atau informasi yang dibutuhkan. Data tersebut akan dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi menggunakan keempat dimensi pengetahuan yaitu pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif. Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang menggunakan tiga dimensi pengetahuan yaitu pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, dan pengetahuan prosedural. Siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah menggunakan dua dimensi pengetahuan yaitu pengetahuan faktual dan pengetahuan konseptual

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Siti JurotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Dimensi Pengetahuan; Tingkat Kemampuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2015 04:55
Last Modified: 28 Oct 2015 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item