Implementasi metode al Quran dalam pembelajaran BTQ model Sulamuttilawah di SMA Wachid Hasyim 2 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuruddin, Abdul Jabbar (2018) Implementasi metode al Quran dalam pembelajaran BTQ model Sulamuttilawah di SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Jabbar Nuruddin_D71214027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam yang menjadi petunjuk dalam setiap permasalahan–permasalahan yang ada, kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki semua umat Islam karena merupakan sarana ibadah yang paling sederhana dengan berbagai macam kebaikan yang ada didalamnya. Namun pada kenyataannya, masih banyak dari kita yang belum pandai dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, apalagi sampai usia remaja hingga dewasa. Metode-metode baca tulis Al-Qur’an yang banyak beredar saat ini rata-rata hanya dikhususkan untuk anak-anak, padahal anak usia remaja sampai dewasa juga memerlukan metode baca tulis Al-Qur’an yang disusun ringkas, sederhana dan sesuai untuk kebutuhan mereka. Metode Sulamuttilawah adalah metode baca tulis Al-Qur’an yang disusun sesederhana mungkin dengan menggunakan contoh-contoh bacaan yang lebih ringkas dan waktu untuk menempuh satu buku lebih pendek. Dalam skripsi ini ada tiga hal, yaitu: (1) Apakah metode Sulamuttilawah itu ? (2) Bagaimana penerapan Metode Sulamuttiawah dalam Pembelajaran BTQ di SMA Wachid Hasyim 2 Taman ? (3) Bagaimana keberhasilan Metode Sulamuttiawah dalam Pembelajaran BTQ di SMA Wachid Hasyim 2 Taman ? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian berdasarkan tempatnya adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Metode Sulamuttilawah adalah metode baca tulis Al-Qur’an secara cepat yang dikembangkan oleh Yayasan Pendidikan & Sosial Ma’arif (YPM) Taman dengan target pembelajaran 10 bulan 1 mimggu 2 kali pertemuan terselesaikan 1 buku yang berisi 4 jilid. (2) Penerapan Metode Sulamuttilawah dalam pembelajaran BTQ di SMA Wachid Hasyim 2 Taman berjalan sesuai dengan prosedur dengan tiga tahapan pembelajaran yaitu : Klasikal Murni, Klasikal Individual, dan Klasikal Baca Simak. (3) Keberhasilan metode Sulamuttilawah di SMA Wachid Hasyim 2 Taman terbilang cukup bagus, dari 580 siswa yang masuk diawal tahun pembelajaran, dan 506 siswa sudah mendapat sertifikat membaca Al-Qur’an diakhir tahun pelajaran dari yayasan artinya bacaan Al-Qur’an siswa sudah baik dan benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuruddin, Abdul Jabbarjabbaraa79@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode al Quran; pembelajaran; BTQ model Sulamuttilawah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuruddin Abdul Jabbar
Date Deposited: 09 May 2018 05:00
Last Modified: 09 May 2018 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item View Item