الشخصيات في القصة القصيرة امرأة غلبت الشيطان لتوفق الحكيم :دراسة سيكولوجيا الأدب

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saroh, Dwi Ana Mei (2018) الشخصيات في القصة القصيرة امرأة غلبت الشيطان لتوفق الحكيم :دراسة سيكولوجيا الأدب. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dwi Ana Mei Saroh_A91214091.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dirosah Tahliliyah Sikulujiyah Adab) ini mengaji tentang penokohan dan watak yang terkandung dalam karya tersebut. Peneliti melakukan penelitian tersebut dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penokohan dan watak yang ada dalam cerpen tersebut. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, kebermaknaan hidup tokoh “si perempuan gila” yang kata orang , ia tidak mengetahui musim semi. Skripsi yang berjudul Al-Qishoh Al qoshiroh “Imroah Gholabati Syaiton li Taufik Al-Hakim ( DiYang ia kenal hanyalah musim gugur dan musim hujan. Sekalipun begitu perempuan tersebut adalah perempuan kuat yang tidak pernah kehilangan harapan. Dia tidak pernah merasakan kehadiran laki-laki disampignya. Dan pada suatu malam tanpa sadar dia menjerit dengan berkata , hai syaitan semua ini ulahmu . selang beberapa menit setelah dia mengucapkan seperti itu tiba-tiba datang syaitan ke rumah si perempuan tersebut. Dengan berkata: “apa yang kamu inginkan wahai perempuan? Dia meminta kecantikan, kehidupan dan harta. Tanpa sadar dia mengucapkan seperti itu , kemudian syaitan menjawab :” apakah kamu tahu harga untuk semuanya?” sang perempuan menjawab: ambillah semua harga tersebut seperti yang kamu inginkan. Syaitan berkata: Ruhmu akan aku bawa ke neraka jahannam! Karena itu adalah pekerjaanku di dunia. Kemudian si perempuan setuju dan mereka membuat perjanjian berupa cek darah si perempuan tersebut. Si perempuan akhirnya meminta kepada syaitan untuk diberi waktu selama sepuluh tahun . setelah waktunya tiba syaitanpun menagih janji kepada si perempuan, akan tetapi perempuan tersebut menolak dan ingin meminta perpanjangan waktu lagi selama dua bulan, akhirnya syaitanpun menyetujui dan mengabulkan permintaan perempuan tersebut. Selama waktu dua bulan berlalu, perempuan tersebut selalu melewatkan hari-harinya dengan sholat malam, selalu menggunakan pakaian ibadah, melaksanakan fardhu haji dan tenggelam dalam kenikmatan ibadah untuk akhirat kelak. Suatu masa tibalah waktu perempuan itu habis dan syaitanpun membawa ruhnya ke neraka jahannam, tiba-tiba di ambang” pintu neraka datanglah beberapa malaikat dan menarik tangan si perempuan itu untuk dibawa ke surga, awalnya perempuan itu menolak karena tidak mau menghianati syaiton. Tetapi para malaikat bersikeras ingin mengajaknya ke surga , syaitanpun marah dan si perempuan itu di anggap membohonginya, ia mau si perempuan itu tetap ikut bersama syaiton. Akan tetapi setelah melihat kegiatan mulai sehari-hari yang dilakukan perempuan tersebut , akhirnya syaitanpun merasa terpojokkan dan berkata: “celakalah kalian ! dan ambilllah dia dari hadapanku! Dia hanyalah ruh seorang perempuan dan bukan beberapa perempuan, pergilah ke surga! Akan tetapi dia tidak akan lupa bahwa perempuan tersebut telah menipunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saroh, Dwi Ana Meidwianameisaroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Psikologi
Sastra
Keywords: Penokohan; watak dari tokoh; cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Saroh Dwi Ana Mei
Date Deposited: 09 May 2018 08:29
Last Modified: 09 May 2018 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24937

Actions (login required)

View Item View Item