Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dalam marketplace online shopee di kalangan mahasiswa Uinsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Minuriha, Diyah Ayu (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dalam marketplace online shopee di kalangan mahasiswa Uinsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diyah Ayu Minurha_C72214038.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli dalam Marketplace Online Shopee di Kalangan Mahasiswa Uinsa Surabaya” adalah hasil dari penelitian lapangan, yang dilaksanakan untuk menjawab pertanyaan bagaimanasewa menyewa store dalam marketplace online Shopee, bagaimana jual beli dalammarketplace online Shopee dan bagaimana bila terjadi wanprestasi dalam marketplace online Shopee. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Untuk teknik pengolahan data penulis menggunakan teknik editing, organaizing, dan analyzing. Selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus tentang praktik sewa menyewa dan jual beli dalam marketplace online Shopee di kalangan mahasiswa Uinsa Surabaya yang kemudian di analisis secara umum apabila terjadi wanprestasi. Marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Salah satu Marketplace yang sangat diminati saat ini di kalangan remaja hinga dewasa adalah Shopee.co.id. Shopee hadir untuk mempermudah siapa pun dalam mendaftarkan produk-produk mereka dan mengatur persediaan, serta menfasilitasi transaksi keuangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Penjual dan pihak Shopee malakukan akad sewa menyewa Ijara<h. Karena terdapat upah atau imbalan melalui penahanan atau peminjaman uang di dalam rekening bersama ataupun Shopee Pay. Kedua, Jual Beli dalam marketplace online Shopee di Kalangan Mahasiswa Uinsa Surabaya adalah praktik jual beli yang dirasa sangat menguntungkan mahasiswa yang menjadi penggunanya. Terutama mahasiswa Uinsa yang menjadi konsumen atau pembeli di Shopee, karena Shopee memberikan berbagai macam promo yang menarik minat para penggunanya. Sedangkan bagi para mahasiswa Uinsa yang menjadi penjual ketentuan berupa rekening bersama dirasa kurang menguntungkan, karena uang hasil penjualan tidak bisa langsung di cairkan. Ketiga, Pihak Shopee telah dianggap melakukan upayah perlindungan konsumen dengan memberikan Garansi Shopee berupa rekening bersama guna untuk menghindari adanya wanprestasi dan penipuan jual beli online.Sejalan dengan kesimpulan di atas, pihak Shopee seharusnya lebih transparan dan berterus terang mengenai upah atas sewa menyewa store di dalam marketplace online Shopee. Para mahasiswa Uinsa Surabaya yang menjadi pengguna Shopee terutama yang berperan sebagai penjual, lebih baik menjual barang yang sudah Ready agar proses transaksi lebih cepat, Para pengguna Shopee khususnya mahasiswa Uinsa Surabaya harus membaca segala syarat dan ketentuan layanan yang di berikan oleh Shopee agar tidak terjadi kesalahan dan pelanggaran wanprestasi di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Minuriha, Diyah Ayudiyahayumi13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli dalam marketplace online shopee
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Minuriha Diyah Ayu
Date Deposited: 14 May 2018 04:27
Last Modified: 14 May 2018 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25001

Actions (login required)

View Item View Item