Komunikasi perempuan bercadar di Komunitas Kahf Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Romadhoni Kusnul (2018) Komunikasi perempuan bercadar di Komunitas Kahf Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Romadhoni Kusnul Khotimah_B76214084.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25081

Abstract

Cadar atau dalam bahasa arab disebut An-Niqab adalah sesuatu yang berguna untuk menutupi seluruh wajah perempuan, kecuali kedua mata atau sesuatu yang tampak disekitar mata. Muslimah bercadar menjadi menarik untuk diteliti karena cara mereka menjalankan perintah Allah yang berbeda dengan muslimah pada umumnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Yang mana studi ini mencoba mencari pemahaman tentang bagaimana proses komunikasi yang terjadi pada perempuan bercadar di dalam Komunitas Kahf Surabaya dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah pengamatan dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perempuan bercadar di dalam Komunitas Kahf Surabaya berkomunikasi secara verbal maupun non verbal.Perempuan bercadar di dalam Komunitas Kahf Surabaya memiliki tiga pola komunikasi yaitu pola komunikasi satu arah, dua arah dan multi arah.Terdapat beberapa faktor yang mendukung perempuan bercadar di Komunitas Kahf Surabaya dalam berkomunikasi, diantaranya adalah kesamaan dalam berpakaian dan kesamaan dalam lingkungan tempat tinggal. Ada pula faktor penghambat perempuan bercadar di Komunitas Kahf Surabaya dalam berkomunikasi yaitu faktor hambatan fisik dan hambatan segi semantik. Penelitian ini merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya meneliti lebih dalam tentang bagaimana proses komunikasi perempuan bercadar baik secara intrapersonal maupun yang lainnya. Juga bisa diambil dari perspektif psikologi komunikasi dengan teori lain yang menarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Romadhoni Kusnulromadhonikusnul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Keywords: Cadar; Komunikasi; Interaksi Simbolik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 07:51
Last Modified: 14 May 2018 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25081

Actions (login required)

View Item View Item