تأثير تطبيق طريقة إنشاء الفقرة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة العالية دار الفائزين موجووارنو جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Hasan (2011) تأثير تطبيق طريقة إنشاء الفقرة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة العالية دار الفائزين موجووارنو جومبانج. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasan Abidin_D02206084.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25301

Abstract

Skripsi ini menerangkan tentang "Pengaruh Penerapan Metode Paragraph Building Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharoh Kitabah Di Madrasah Aliyah Darul Faizin Catak Gayam Mojowamo Jombang". Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa metode Paragraph Building mempakan pembelajaran yang mengutamakan pada ide pikiran siswa, sehingga menuntut siswa untuk lebih kreatif dalam mengembangkan ide pikirannya dan menuangkan menjadi sebuah tulisan atau kalimat-kalimat. Karena pembelajaran dengan metode ini lain dari pembelajaran-pembelajaran yang telah ada, dengan menghadapkan siswa pada tema yang menarik, diharapkan dapat menunjang maharoh kitabah siswa. Penulis mengambil dua rumusan masalah yang akan dikaji yaitu, bagaimana penerapan metode Paragraph Building bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Faizin Catak Gayam Mojowamo Jombang, dan rumusan yang kedua adalah bagaimana pengaruh penerapan metode Paragraph Building bagi siswa kelas X Madarasah Aliyah Darul Faizin. Metode penelitian dalam penulisan karya ilmiah ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rumus tes "t" untuk menganalisa datanya, karena jenis penelitian ini adalah penelitian jenis eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi perbedaan tingkat pencapaian maharoh kitabah siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Paragraph Building pada siswa sebanyak 75 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sedang sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sampel penelitian sebanyak 36 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas uji coba. Dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Kemudian hasil yang diperoleh adalah bahwasannya metode Paragraph Building mempunyai pengaruh bagi maharoh kitabah siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Faizin, dengan perincian kelas uji coba rata-rata nilai adalah 6,63 (tes awa1) dan 7,91 (tes akhir), sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai adalah 6,38 (tes awal) dan 6,94 (tes akhir). Dengan demikian ada pengaruh karena diantara keduanya mempunyai selisih yaitu 0,97.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Hasan--UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Paragraph Building; pembelajaran Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2018 01:45
Last Modified: 26 Jun 2018 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25301

Actions (login required)

View Item View Item