Pengelolaan pendidikan vokasional terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al Azhar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulaichah, Mahmudah Dwi (2018) Pengelolaan pendidikan vokasional terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al Azhar Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mahmudah Dwi Zulaichah_D73214044.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengelolaan Pendidikan Vokasional terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al Azhar Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab focus penelitian mengenai Pengelolaan Pendidikan Vokasional terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Pendekaatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa dalam pengelolaan Penidikan Vokasional, di SLB Al-Azhar Sidoarjo telah melaksanakan dengan baik. Pada tahap perencanaan, sekolah merencanakan dengan sangat matang untuk sasaran tujuan. Pada tahap pengorganisasian, terdapat pembentukan struktur organisasi pendidikan vokassional sendiri. Pada tahap pelaksanaan, siswa yang sudah dibagi kedalam macam pendidikan vokasional mengikuti dengan baik. Pendidikan Vokasional disini juga mempunyai guru sendiri dan 4 macam kegiatan pendidikan vokasional, yiatu: tataboga, kecantikan, computer dan kerajinan tangan. Untuk tahap evaluasi, dilakukan setiap rapat oleh kepengurusan pendidikan vokasional setiap minggunya dan setiap satu tahun seklai melakukan study banding kesekolah yang menyelenggarakan pendidikan vokasional dengan baik serta mengirim beberapa siswa untuk melakukan kegiatan magang selama jangka waktu yang ditentukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulaichah, Mahmudah Dwimahmudahdwizulaicha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Pengelolaan; Pendidikan Vokasional; Anak Berkebutuhan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Zulaichah Mahmudah Dwi
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:16
Last Modified: 30 Jul 2018 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25617

Actions (login required)

View Item View Item