Diversitas odonata dan peranannya sebagai indikator kualitas air di Sumber Clangap dan Sumber Mangli Desa Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Muhammad Muhibbuddin (2018) Diversitas odonata dan peranannya sebagai indikator kualitas air di Sumber Clangap dan Sumber Mangli Desa Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Muhibbuddin Abdillah_H91214025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sumber Clangap dan Sumber Mangli digunakan sebagai sumber air bersih bagi warga Desa Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Air bersih seharusnya memiliki kualitas yang baik berdasarkan metode penilaian kualitasnya. Biomonitoring merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur kualitas air. Odonata merupakan hewan yang dapat digunakan sebagai indicator dalam biomonitoring. Penelitian mengenai odonata di Indonesia khususnya Jawa memerlukan pembaruan. Diversitas odonata di Sumber Clangap dan Mangli serta kualitas airnya belum pernah dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari diversitas odonata dan kualitas air di Sumber Clangap dan Mangli. Odonata diamati menggunakan metode natural snapshot experiment dengan mencatat jumlah setiap jenis selama bulan Januari – Maret. Data jumlah dan jenis odonata yang didapat kemudian dianalisis menggunakan indeks Shannon-Wiener, famili biotik indeks dan frekuensi. Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan 17 odonata dengan dua spesies endemik yaitu Paragomphus reinwardtii dan Rhinocypha heterostigma. Tingkat diversitas odonata di Sumber Clangap lebih tinggi dari Sumber Mangli dengan indeks Shannon-Wiener H’=1,97 dan H’=1,39. Kualitas air di Sumber Clangap lebih rendah dari Sumber Mangli dengan kategori cukup tercemar dan baik dengan famili biotik indeks FBI=6,54 dan FBI=5,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Muhammad Muhibbuddinmallahsleiv@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Morfologi
Ekologi
Keywords: Diversitas odonata; indikator kualitas air; Sumber Clangap; Sumber Mangli
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Abdillah Muhammad Muhibbuddin
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:14
Last Modified: 02 Aug 2018 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25829

Actions (login required)

View Item View Item