Keputusan mendirikan startup bisnis kreatif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septian, Fitroh Dwi Wahyu (2018) Keputusan mendirikan startup bisnis kreatif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitroh Dwi Wahyu Septian_G03214009.pdf

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang latar belakang mendirikan bisnis kreatif sesuai bidangnya dan bagaimana peran teknologi dalam merubah pola pikir seseorang untuk memutuskan mendirikan bisnis. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dengan mengetahui sisi subyek dan obyektif pelaku bisnis kreatif dalam keputusan mereka mendirikan bisnis. Pungsi pendekatan fenomenologi pada penelitian konteks bisnis bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan perjalanan dari masing-masing pelaku bisnis dalam menekuni masing-masing bidang bisnis yang dikerjakan hingga melahirkan makna dan esensi dari bisnis yang telah dijalankan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara bersama pelaku bisnis kreatif (informan) dan observasi lapangan. Hasil yang diperoleh adalah alasan dasar mendirikan startup bisnis kreatif adalah keberhasilan informan dari masing-masing pelaku bisnis dalam mengimplementasikan kemampuannya yang diwujudkan dalam bentuk bisnis. Kemampuan tersebut dikategorikan sebagai kemampuan softskill dan hardskill dari masing-masing pelaku bisnis, sedangkan peran teknologi turut memberikan pengaruh dalam aktivitas bisnis sebagai wadah dan fasilitas yang memudahkan masyarakat untuk berani mendirikan bisnis dengan memanfaatkan kemudahan demi kemudahan yang di tawarkan oleh teknologi saat ini. Peneliti menyarankan kepada penelitian selanjutnya agar menambahkan jumlah informan pada bidang bisnis lain untuk menggenapkan bidang bisnis kreatif yang semakin bertambah, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas mengenai keputusan mendirikan bisnis kreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septian, Fitroh Dwi Wahyufitrahdws@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Bisnis
Keywords: Keputusan mendirikan startup; bisnis kreatif
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Septian Fitrah Dwi Wahyu
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:29
Last Modified: 02 Aug 2018 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25871

Actions (login required)

View Item View Item