Strategi promosi jaringan dakwah di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Babat dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibi, Thoriq Kamil (2018) Strategi promosi jaringan dakwah di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Babat dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Thoriq Kamil Habibi_G94214157.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Promosi Jaringan Dakwah di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Cabang Babat dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan” ini merupakan penelitian tentang strategi promosi suatu lembaga keuangan Islam yang berbeda dengan lembaga-lembaga lain yaitu promosi model jaringan dakwah yang mampu meningkatkan jumlah pembiayaan di lembaga tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara informan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh BMT Madani Sejahtera Jawa Timur Cabang Babat. Promosi yang dilakukan oleh BMT Mandiri sejahtera Jawa Timur dalam upaya untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan adalah jenis promosi jaringan dakwah. Jaringan dakwah adalah salah satu promosi yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara berdakwah secara langsung. Terdapat dua cara yang dilakukan oleh BMT mandiri sejahtera dalam melakukan promosi jaringan dakwah. Yang pertama adalah dengan berdakwah secara langsung dilakukan di (a) lembaga pendidikan, (b) majelis ta’lim dan organisasi ibu-ibu (c) pada sa’at sholat jum’at. Yang kedua adalah dilakukan dengan perluasan jaringan oleh pihak koperasi dan juga anggota koperasi yang mempunyai loyalitas yang tinggi. Dengan dilakukannya promosi jenis jaringan dakwah ini dalam rentang waktu tiga tahun terakhir (2015-2017) jumlah pembiayaan selalu mengalami peningkatan. Ditahun 2016 peningkatan terjadi sebesar 15% dari tahun sebelumnya. Kemudian pada tahun 2017 juga meningkat sebesar 32%dari tahun sebelumnya. Selain jumlah pembiayaan yang meningkat, jumlah nilai pembiayaan ikut menigkat juga. Pada tahun 2016 jumlah nilai pembiayaan meningkat sebesar 66,4% dengan jumlah nilai Rp. 3.599.635.000 dari tahun 2015. Keudian pada tahun 2017 juga mengalami peningkatan sebesar 54,9% dengan jumlah nilai sebesar Rp.4.950.210.000. msekipun jumlah prosentase mengalami penurunan, akan tetapi jumlah tersebut sudah bagus karena melebihi target yang ditetapkan sebesar 30% dan yang menjadi produk unggulan di BMT ini adalah produk rahn.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibi, Thoriq Kamilthoriq.cebong@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: strategi pemasaran; jaringan dakwah; pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Habibi Thoriq Kamil
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:16
Last Modified: 03 Aug 2018 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25987

Actions (login required)

View Item View Item