تطوير كوميك ستريبس لوسيلة تعليم مواد اللغة العربية لتنمية مهارة القراءة (بحث تطويري لطلبة الصف السابع في المدرسة المتوسطة الحكومية الأولى - كارانج غينانج - بلامونجان)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Rozzaqul (2018) تطوير كوميك ستريبس لوسيلة تعليم مواد اللغة العربية لتنمية مهارة القراءة (بحث تطويري لطلبة الصف السابع في المدرسة المتوسطة الحكومية الأولى - كارانج غينانج - بلامونجان). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rozzaqul Hasan_F12616319.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di SMP Negeri 1 Karanggeneng Kab. Lamongan berupa rendahnya kemampuan siswa/i dalam membaca sekaligus memahami teks Arab serta kurangnya media pembelajaran bahasa Arab dan ketiadaan materi pembelajaran pendamping yang dapat menarik minat siswa/i untuk mempelajari bahasa Arab. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti mengembangkan comic strips sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan qira’ah siswa/i kelas VII di sekolah tersebut.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui desain comic strips sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan qira’ah, (2) Untuk mengetahui cara menerapkan media comic strips dalam pengajaran bahasa Arab, (3) Untuk mengetahui efektifitas comic strips untuk meningkatkan keterampilan qira’ah siswa/i kelas VII di SMPN 1 Karanggeneng.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pengumpulan data melalui angket, observasi dan tes berupa pretest dan posttes.Hasil tes yang diperoleh menunjukkan bahwa “t hitung = 8,25” lebih besar dari “t tabel = 2,807” sehingga disimpulkan adanya efektifitas comic strips pada peningkatan kemampuan qira’ah siswa/i kelas VII di SMPN 1 Karanggeneng.Desain comic strips yang telah dikembangkan berjudul “Qomar” dengan karakter sebagai berikut: (1) Sebagai media pembelajaran bahasa Arab, (2) Sebagai penunjang dalam meningkatkan siswa pada keterampilan qira’ah, (3) Isi materi sesuai dengan silabus mata pelajaran bahasa Arab kelas VII di SMP Negeri wilayah Lamongan, (4) Isi materi seluruhnya disajikan dengan bahasa Arab untuk tingkat pemula (al-mubtadi’), (5) Seluruh kata atau kalimat dalam materi dalam bentuk isim dan harf tanpa ada fi’il (kata kerja), (6) Dilengkapi dengan soal-soal latihan qira’ah, (7) Dilengkapi dengan kunci jawaban, (8) Dapat digunakan untuk belajar sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Rozzaqulrozzaqulhasan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Comic Strips; وسيلة التعليم
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hasan Rozzaqul
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:12
Last Modified: 03 Aug 2018 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item