Analisis resepsi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya tentang berita Hoaks di media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Muhammad Rizky (2018) Analisis resepsi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya tentang berita Hoaks di media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizky Santoso_B96214131.pdf

Download (41MB)

Abstract

Perubahan era teknologi yang semakin canggih, meningkatan kebutuhan informasi, hal ini dapat menggerakkan masyarakat untuk lebih aktif dalam mengakses informasi. Media sosial merupakan salah satu akses yang paling banyak digunakan masyarakat untuk mencari informasi, akan tetapi hal ini juga menimbulkan kesenjangan dalam pengaksesannya. Permasalahan yang muncul saat ini adalah banyak beredarnya berita hoaks atau berita palsu yang banyak terposting di media sosial. Berita ini bersifat mengaburkan kebenaran sebenarnya dengan menyebarkan informasi-informasi palsu yang bersifat menghasut ataupun juga membelokkan opini pembaca kearah yang salah sehingga fakta lapangan yang sebenarnya tidak dihiraukan masyarakat karena dianggap palsu, mahasiswa sebagai pengguna media sosial aktif yang melek media pada saat ini harus mengikuti tuntutan perubahan teknologi yang berkembang, sehingga harus bersentuhan dengan berita hoaks yang berakibat banyak anggapan yang salah tentang suatu fakta lapangan karena pembelokan kebenaran, hal ini sangat menggangu dan meresahkan dikalangan mahasiswa. Fenomena yang terjadi ini menyebabkan penulis melakukan penelitian tentang respon Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya terhadap beredarnya berita hoaks di media sosial yang memiliki tujuan untuk mengetahui Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya Tentang Peredaran Berita Hoaks Di Media Sosial. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan wawancara mendalam yang dilakukan melalui interview dengan narasumber mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya yang dipilih dengan kriteria tertentu oleh peneliti, hal ini digunakan untuk menggali informasi Penerimaan Mahasiswa Terhadap Berita Hoaks Di Media Sosial. Hasil dari penelitian ini menjelaskan Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya Terhadap Berita Hoaks dapat dikategorikan dalam tiga jenis respon yaitu menjadi silent reader, mencari kebenaran informasi, dan melakukan counter atas persebaran berita hoaks. Hasil ini menjelaskan jika Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya memiliki kemampuan literasi yang baik sehingga dapat menghindari dan juga mencegah pengaruh buruk peredaran berita hoaks dengan respon yang beragam sesuai pengalaman dan pengetahuan mereka atas informasi yang dibaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Muhammad Rizkysantosorisky2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Analisis Resepsi; Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya; Berita Hoaks
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Santoso Muhammad Rizky
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:39
Last Modified: 08 Aug 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26551

Actions (login required)

View Item View Item