Peningkatan pemahaman siswa kelas V pada materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan alat peraga mekanisme pernapasan manusia di SD ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwi Ari, Linda (2018) Peningkatan pemahaman siswa kelas V pada materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan alat peraga mekanisme pernapasan manusia di SD ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Linda Dwi Ari Wijayanti_D97214088.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Manusia di SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Metode yang digunakan guru dalam kelas kurang inovatif dan pemanfaatan alat peraga yang kurang dimaksimalkan oleh guru pada saat pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal hanya 30,76% siswa yang nilainya di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut guru perlu melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga mekanisme pernapasan manusia pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. 2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga mekanisme pernapasan manusia pada siswa kelas V SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan (planing), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Penelitian dilakukan di SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo pada siswa kelas V-B dengan jumlah siswa sebanyak 26. Data penelitian didapat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mekanisme pernapasan manusia dalam pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia mengalami peningkatan menjadi lebih baik, yaitu: (1) penerapan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan persentase aktivitas guru dari siklus I 72,5% kemudian meningkat menjadi 92,74% pada siklus II, aktivitas siswa dari siklus I 76,92% kemudian meningkat menjadi 94,4% pada siklus II. (2) peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa saat prasiklus 30,76%, siklus I 65,38%, dan pada siklus II 92,30%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwi Ari, Lindalindadwiari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Penggunaan Alat Peraga Mekanisme : Pernapasan Manusia : Peningkatan Pemahaman Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wijayanti Linda Dwi Ari
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:29
Last Modified: 10 Aug 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26637

Actions (login required)

View Item View Item