This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dwi Ari, Linda (2018) Peningkatan pemahaman siswa kelas V pada materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan alat peraga mekanisme pernapasan manusia di SD ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Linda Dwi Ari Wijayanti_D97214088.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Manusia di SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Metode yang digunakan guru dalam kelas kurang inovatif dan pemanfaatan alat peraga yang kurang dimaksimalkan oleh guru pada saat pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal hanya 30,76% siswa yang nilainya di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut guru perlu melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga mekanisme pernapasan manusia pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. 2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga mekanisme pernapasan manusia pada siswa kelas V SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan (planing), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Penelitian dilakukan di SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo pada siswa kelas V-B dengan jumlah siswa sebanyak 26. Data penelitian didapat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mekanisme pernapasan manusia dalam pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia mengalami peningkatan menjadi lebih baik, yaitu: (1) penerapan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan persentase aktivitas guru dari siklus I 72,5% kemudian meningkat menjadi 92,74% pada siklus II, aktivitas siswa dari siklus I 76,92% kemudian meningkat menjadi 94,4% pada siklus II. (2) peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa saat prasiklus 30,76%, siklus I 65,38%, dan pada siklus II 92,30%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Penggunaan Alat Peraga Mekanisme : Pernapasan Manusia : Peningkatan Pemahaman Siswa. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Wijayanti Linda Dwi Ari | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2018 02:29 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2018 02:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26637 |
Actions (login required)
View Item |