Analisis semiotika model Roland Barthes makna pada iklan Sprite edisi kenyataan gak sebombastis film aksi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Robi (2018) Analisis semiotika model Roland Barthes makna pada iklan Sprite edisi kenyataan gak sebombastis film aksi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Robi Mubarok_B76213084.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui makna dan pesan dalam iklan sprite edisi “kenyataan gak sebombastis film aksi”. Penelitian ini menggunakan metologi penelitian deskriftif kualitatif. Jenis penelitian deskriftif kualitatif ini memberi ruang kepada penulis untuk memusatkan pada satu fenomena dan mendeskripsikan suatu fenomena secara lebih rinci dan terfokus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan dan observasi. Pada pembahasanya menggunakan teknik analisa semiotika milik Roland Barthes. Hal ini dibuktikan pada pembahasan secara terperinci. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori Semiotika Roland Barthes yang menjelaskan makna dari tiga jenis yaitu Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Iklan Sprite edisi “Kenyataan Gak Sebombastis Film Aksi” bermakna adalah dengan berpikir akan membentuk suatu pengertian, pendapat, keputusan, dan kesimpulan yang pada akhirnya akan membentuk karakter seseorang. Penelitian ini mendapatkan bahwa Iklan Sprite edisi “Kenyataan Gak Sebombastis Film Aksi” di televisi pada bulan November 2017. Ditinjau dari Denotasi, Konotasi dan Mitos pesan yang ingin disampaikan peneliti mendapatkan hasil bahwa iklan Sprite edisi “Kenyataan Gak Sebombasti Film Aksi” yang diartikan penulis bahwa dengan meminum Sprite sebagai pemuda jaman sekarang bisa berpikir jernih. Dan juga mitos yang terjadi jika tidak berpikir jernih akan merusak diri seseorang salah satunya karena mengimplementasikan yang terdapat dalam film kedalam dunia nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, Robirobi3mu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Iklan
Bisnis
Keywords: Analisis Semiotika; Makna; Minuman Sprite
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mubarok Robi
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:33
Last Modified: 08 Aug 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26669

Actions (login required)

View Item View Item