Kearifan lokal dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Hafidh Abdul (2018) Kearifan lokal dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hafidh Abdul Aziz_B96214096.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kearifan Lokal Dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2” adalah hasil penelitian analisis teks media. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : (1) Apa saja petanda dan penanda dan (2) Bagaimana makna petanda dan petanda kearifan lokal dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2.Untuk mengungkap masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis, yang berguna untuk memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Roland Barthes, yang menganalisis dengan beberapa konsep yakni makna (signification), denotasi (denotation), konotasi (konotasi) dan mitos (myth). Bahwa setiap tanda selalu memperoleh pemaknaan awal (denotasi). Makna dipahami sebagai sebuah proses yang berupa tindakan, yang mengikat signifier dan signified yang menghasilakan sebuah tanda. Makna denotasi merupakan apa yang kita pikirkan sebagai sebuah literal, bersifat tetap, dan memiliki makna kamus secara ideal yang telah disepakati.Makna konotasi berisi perubahan makna secara sosiatif. Sedangkan makna mitos adalah signification dalam tingkatan conotation.Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2 ditemukan simbol-simbol dan tanda tanda kearifan lokal yang terkait dalam film yakni proses tawar menawar, Gudeg, Batik, Pakaian Adat, dan Seni boneka Papermoon Puppet Theater Kemudian makna petanda dan penanda kearifan lokal yaitu bahwa film Ada Apa Dengan Cinta 2 menggambarkan bahwa Indonesia memiliki ragam budaya dari berbagai suku yang harus dilestarikan. Sehingga perlu adanya dukungan dari masyarakat setempat untuk mengenalkan bahwa budaya mereka tidak boleh terbawa arus perkembangan jaman modern saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Hafidh Abdulhafidhx9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Kearifan Lokal; Film; Roland Barthes; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aziz Hafidh Abdul
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:19
Last Modified: 08 Aug 2018 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26689

Actions (login required)

View Item View Item