Analisis resepsi masyarakat desa Weru tentang muslimah bercadar sebagai pelaku pengeboman Surabaya di media televisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Ike Dwi (2018) Analisis resepsi masyarakat desa Weru tentang muslimah bercadar sebagai pelaku pengeboman Surabaya di media televisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ike Dwi Rahayu_B96214096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena media sering kali menjadi referensi utama khalayak dalam menginterpretasikan sesuatu, khalayak dalam memaknai pesan yang dibawa oleh media berbeda-beda. Banyaknya pemberitaan terorisme di media televisi menjadikan masyarakat mempunyai nilai sendiri dalam pemaknai berita tersebut, bahkan kadang pemaknaan ini terkesan negatif. Penelitian ini berusaha mengkaji bagaimana pemahaman masyarakat desa Weru tentang pemberitaan muslimah bercadar sebagai pelaku pengeboman Surabaya di media televisi dan bagaimana pemaknaan masyarakat desa Weru tentang pemberitaan muslimah bercadar sebagai pelaku pengeboman Surabaya di media televisi. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk memperoleh data secara tertulis, utuh, dan akurat menegenai data di lapangan dengan pendekatan interaktif yang merupakan pendekatan yang bertujuan mencari makna atau arti yang melekat pada karakter hermeutik dalam penafsiran terhadap sebuah pesan, teks atau lainnya. Dari hasil penelitian, pemahaman masyarakat desa Weru tentang muslimah bercadar sebagai pelaku pengeboman surabaya di media televisi adalah sebagai informasi, peristiwa fakta, pengubah pola pikir dan berita yang menimbulkan perasaan terancam serta pemaknaan masyarakat desa Weru tentang muslimah bercadar sebagai pelaku pengeboman surabaya di media televisi adalah sebagai pengalihan isu, agenda setting media dan komoditi penarik iklan. Bertititk tolak dari penelitian ini, beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan penelitian selanjutnya adalah mengembangkan penelitian terkait dengan mengeksplorisasi lebih banyak media dan cangkupan khalayak yang luas dalam merespsi media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Ike Dwiidwira1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Analisis Resepsi, Masyarakat, Pemberitaan, Terorisme, Televisi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rahayu Ike Dwi
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:45
Last Modified: 08 Aug 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26728

Actions (login required)

View Item View Item