Makna pesan kesabaran Ibu dalam film Ibu (Analisis Semiotik Charles Shanders Pierce)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An Nahdi, Amri Ulil Albab (2018) Makna pesan kesabaran Ibu dalam film Ibu (Analisis Semiotik Charles Shanders Pierce). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Amri Ulil Albab An Nahdi_B06214006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Makna Pesan Kesabaran Ibu dalam Film Ibu” adalah hasil penelitian analisis teks media. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : bagaimana simbol-simbol dan bentuk kesabaran Ibu di representasikan dalam Film Ibu. Dalam mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis teks media, yang berguna untuk memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce, yang menganalisis secara tiga tahap yaitu tanda (representament), pengguna tanda (interpretan), dan acuan tanda (object). Makna tanda dimengerti sebagai bentuk fisik yang bisa ditangkap oleh panca indera manusia atau khalayak audiens. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dalam Film Ibu ditemukan simbol-simbol dan tanda-tanda kesabaran seorang Ibu terkait masalah ujian hidup yang dalam film ini seorang Ibu tidak diperlakukan dengan baik oleh anaknya. Kemudian simbol-simbol dan tanda-tanda yang merepresentasikan kesabaran Ibu antara lain terkait meninggalnya suami dan perilaku tidak baik anak seperti tidak dianggap oleh anak sendiri, dibentak, dicaci maki, hingga memindahkan Ibu Ke panti Jompo. Dengan kesabaran dan kasih sayang, Ibu mampu melewati ujian hidup dengan bermodalkan kesabaran, memaafkan, dan tetap menjalin hubungan dengan baik walaupun perilaku anak yang bisa dibilang durhaka dalam film ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan bahwa penelitian ini hanya terbatas pada nilai dasar simbol-simbol Kesabaran seorang Ibu yang direpresentasikan pada film Ibu. Karena itu, peluang yang masih terbuka untuk diadakan penelitian lebih lanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An Nahdi, Amri Ulil Albabamriulil85@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Semiotika
Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Kesabaran Ibu; Representasi Film; Semiotika Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nahdi Amri Ulil Albab An
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:08
Last Modified: 09 Aug 2018 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26819

Actions (login required)

View Item View Item