Rancang bangun alat monitoring pasang surut air laut berbasis internet of thing (IoT)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoir, Mohammad Mufidul (2018) Rancang bangun alat monitoring pasang surut air laut berbasis internet of thing (IoT). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M.Mufidul Khoir_H94214021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasang surut laut merupakan suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari, bumi dan bulan. Keterbatasan dari tenaga pengukur saat mengukur pasang surut secara manual menyebabkan rendahnya frekuensi pengambilan data, metode ini juga memiliki tingkat akurasi data yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan alat dan komparasi alat instrumentasi dengan data pasang surut dari Badan Informasi Geospasial (BIG) dan dilakukan di perairan Tanjung Perak, Surabaya dengan koordinat 7o11’59.9”S 112o44’26.1”E selama 24 jam dengan durasi pengujian selama 3 kali. Perangkat keras atau alat yang digunakan terdiri dari sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mengukur jarak permukaan air, mikrokontroler Arduino Uno yang berfungsi untuk mengolah data hasil pembacaan dari sensor ultrasonik, modul WiFi ESP8266-01 yang berfungsi menghubungkan mikrokontroler ke jaringan internet (data server) dan Mikro sd card sebagai penyimapanan data offline (Backup). Pengujian alat serta data lapangan yang dilakukan dengan membandingkan data pasang surut air laut dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa alat instrumentasi monitoring pasang surut air laut berbasis Internet Of Thing (IoT) dapat memonitoring pasang surut air laut secara online yang menggunakan server www.Thingspeak.com dan dapat mampu menyimpan data secara offline menggunakan micro sd card yang mampu bekerja merekam data pasang surut secara realtime ke smartphone yang bekerja dengan baik dengan tingkat akurasi sebesar 99.8398%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoir, Mohammad Mufidulalejmufid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Instrumentasi; IoT; pasang surut; thingspeak
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Khoir Mohammad Mufidul
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:39
Last Modified: 09 Aug 2018 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26921

Actions (login required)

View Item View Item