Sejarah perkembangan Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikmah Krian Sidoarjo Tahun 1974-2017 M.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roziqin, Moh. Bahrur (2018) Sejarah perkembangan Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikmah Krian Sidoarjo Tahun 1974-2017 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Bahrur Roziqin_A02214011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti memberikan batasan permaslahan pada tigal hal, yaitu (1) Bagaimana sejarah berdirinya YPI Darul Hikmah Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana perkembangan YPI Darul Hikmah Krian Sidoarjo tahun 1974-2017 M? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat YPI Darul Hikmah Krian sidoarjo?Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi ( kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu Social Institution (lembaga kemasyarakatan) dan teori kepemimpinan.Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1). YPI Darul Hikmah Krian Sidoarjo berdiri pada tahun 1974 M dan didirikan oleh Keluarga Ust. Masjhudan Umar yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menjadi naungan dalam legalitas formal dari kegiatan mengaji untuk anak anak, serta melihat kondisi masyarakat dan anak-anak usia sekolah yang membutuhkan pendidikan agama yang memadai. (2). YPI Darul Hikmah Krian Sidoarjo berkembang baik dari kegiatan maupun sarana dan prasarana. (3). Faktor pendukung dan penghambat YPI Darul Hikmah Krian Sidoarjo terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam YPI Darul Hikmah krian Sidoarjo dan faktor eksternal yang berasal dari luar YPI Darul Hikmah Krian Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roziqin, Moh. Bahrurroziqinbahrur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Sejarah perkembangan : Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikmah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Roziqin Mohammad Bahrur
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:54
Last Modified: 09 Aug 2018 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26947

Actions (login required)

View Item View Item