Islam dan tradisi lokal: studi tentang ritual siraman di Sendang Drajat Desa Cupak Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifa'i, Muchammad (2018) Islam dan tradisi lokal: studi tentang ritual siraman di Sendang Drajat Desa Cupak Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muchammad Rifa'i_E72214030.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Siraman merupakan salah satu ritual warisan agama terdahulu yang mana pada masa ini masih tetap dilestarikan oleh masyarakat Islam Indonesia namun dengan disisipi ajaran Islam. Salah satunya adalah ritual Siraman yang dilaksanakan di Sendang Drajat yang terletak di Gunung Pucangan, sehingga dalam hal ini sangat menarik untuk mengetahui bagaimana sejarah adanya ritual Siraman, makna yang terkandung di dalamnya serta bagaimana pandangan masyarakat sekitar mengenai Ritual Siraman ini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teori yang digunakan dalam menganalisis data yang telah diperoleh adalah dengan menggunakan teori simbol oleh Clifford Geertz yang menjelaskan bahwa simbol muncul dari pemahaman manusia terhadap suatu peristiwa, yang mana dengan simbol inilah kita bisa memahami bagaimana kebudayaan yang ada dalam suatu masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ritual siraman ini dimaksudkan agar jiwa dan raga para pelaku ritual bisa kembali suci dan bersih agar dia yang dipanjatkan bisa segera dikabulkan, terutama ritual ini dilaksanakan pada hari yang dianggap sebagai hari baik bagi masyarakat Jawa, yakni Jumat Legi. Dengan menggunakan bunga setaman, diharapkan agar pelaku ritual bisa mengingat dan memahami bagaimana seharusnya manusia hidup di dunia, sebagaimana disimbolkan dengan bunga-bunga yang digunakan, seperti menumbuhkan ketulusan hati, berperilaku baik dalam keseharian, memberikan kasih sayang kepada semua makhluk, dan tidak munafik sehingga tercipta pribadi yang suci bersih jiwa dan raganya, sehingga dengan demikian harapan dan keinginannya bisa segera dikabulkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifa'i, Muchammadrifaimochammad86@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Antropologi Budaya
Budaya - Agama
Adat
Keywords: Islam; tradisi lokal; siraman
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rifa'i Muchammad
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:40
Last Modified: 16 Aug 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26971

Actions (login required)

View Item View Item