Analisis isi pesan dakwah dalam Web Series Pulang-pulang ganteng episode 3-5 di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Riza Ahmad (2018) Analisis isi pesan dakwah dalam Web Series Pulang-pulang ganteng episode 3-5 di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Riza AHmad Zain_B71214057.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan zaman yang semakin canggih, dakwah dituntut untuk dapat menyesuaikan zaman yang amat modern ini. Jika dahulu presepsi dakwah hanya dapat dilakukan oleh ulama’, kyai, atau Ustadz. Namun web series atau film pendek juga dapat dijadikan proses dalam menyampaikan pesan dakwah., karena web series dapat memberikan pesan yang baik pada diri manusia, seperti halnya web series yang dibuat oleh telkomsel dan night bus pictures, yang diupload lewat youtube. Yaitu Pulang-Pulang Ganteng , web series ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang berjuang dalam mengarungi kehidupannya, dikemas kekinian dan stylist, agar dapat menarik minat pemuda untuk menyaksikan web series yang penuh motivasi dan pelajaran hidup. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: apa saja pesan dakwah yang terkandung dalam web series Pulang-Pulang Ganteng di youtube episode 3-5. Adapun tujuan ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat dalam web series Pulang-Pulang Ganteng episode 3-5. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini menggunakan analisis isi untuk menganalisis teks dialog web series Pulang-Pulang Ganteng. Dalam mengurai permasalahan tersebut jenis data dipilih oleh peneliti adalah teks dialog web series Pulang-Pulang Ganteng. Data ini ditranskip dari youtube web series Pulang-Pulang Ganteng episode 3-5 yang selanjutnya dijadikan sebagai data primer. Kemudian peneliti mencar data-data sekunder yang terkait dengan pesan-pesan dakwah dimedia youtube dengan teknik kepustakaan. Selanjutnya setelah data terkumpul data priner dan sekunder tersebut, peneliti kemudian mengola data dengan membuat tahapan penelitian. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa web series Pulang-Pulang Ganteng episode 3-5 mengandung pesan dakwah Akhlaq yang paling dominan dengan prosentase sebanyak 22,2%. Bagi penelitian selanjutnya, Peneliti memberikan rekomendasi kepada para peneliti selanjutnya untuk dapat lebih memperdalam isi dari hasil penelitian ini, dan bisa meneliti dengan jangkauan lebih luas lagi tentang Pesan Dakwah Dalam Web Series Pulang-Pulang Ganteng Episode 3-5 di Youtube.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Riza Ahmadrizza.zain@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Analisis Isi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zaini Riza Ahmad
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:44
Last Modified: 10 Aug 2018 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27008

Actions (login required)

View Item View Item