Sejarah perkembangan Sie Kerohanian Islam (SKI) di SMKN 5 Surabaya Tahun 1991-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhar, Maulana (2018) Sejarah perkembangan Sie Kerohanian Islam (SKI) di SMKN 5 Surabaya Tahun 1991-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maulana Azhar_A92214104.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana Sejarah berdirinya Sie Kerohanian Islam? (2).Bagaimana Perkembangan Sie Kerohanian Islam di SMKN 5 Surabaya tahun 1991-2017? (3). Bagaimana Eksistensi Sie Kerohanian Islam di SMKN 5 Surabaya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis untuk mengetahui peristiwa yang dilalui SKI baik sejarah berdirinya maupun perkembangannya. Selain itu, peneliti menggunakan pendekatan sosiologi untuk mengetahui interaksi sosial SKI demi kemajuan dan eksistensinya di SMKN 5 Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu Sosial Istitution (lebamga kemasyarakatan) dan teori Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan). Sedangkan metodenya menggunakan metode sejarah melalui langkah-langkah pengumpulan data, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa:1) SKI di SMKN 5 Surabaya berdiri pada tahun 1991 atas usulan dari bapak Tasrifin bertujuan untuk memperbaiki akhlak dan merawat kerohanian siswa SMKN 5 Surabaya. 2) SKI mengalami perkembangan dari jumlah anggota yang pada periode pertama sekitar 15 anggota sampai sekarang mencapai lebih dari 100. Kegiatan SKI seiring berjalannya waktu semakin bertambah banyak yang awal mulanya hanya kegiatan PHBI sekarang lebih bervariasi, seperti: al-banjari, rabana, dsb. Selanjutnya sarana dan prasarana juga mengalami perkembangan seperti kantor kesekretariatan, Masjid dan lain-lain. 3)Eksistensi SKI di SMKN 5 Surabaya terdiri dari faktor pendukung, hambatan, dan dampak dari berdirinya SKI ini. Faktor pendukung terdiri dari faktor internal yaitu pembina, sistem SKI yang teratur dan sarana prasarana yang memadai. Faktor eksternal yaitu dukungan dari pihak sekolah dan dukungan dari wali murid. Hambatan-hambatanya seperti kegiatan SKI dibatasi, serta beberapa alumni yang ingin ikut campur. Dampak dari berdirinya SKI yaitu rajin shalat berjama’ah, budaya Islam menjadi lebih melekat di jiwa masyarakat sekolah, dsb.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhar, Maulanaazhar.man24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah
Keywords: Dakwah; Kerohanian; Spiritual
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Azhar Maulana
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:22
Last Modified: 10 Aug 2018 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27071

Actions (login required)

View Item View Item