Analisis Linguistik keaksian manusia dalam Q.S. Yasin ayat 65 menggunakan linguistik fenomenologis John Langshaw Austin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Firmansyah (2018) Analisis Linguistik keaksian manusia dalam Q.S. Yasin ayat 65 menggunakan linguistik fenomenologis John Langshaw Austin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firmansyah_E71214018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bermaksud untuk memahami pola kebahasaan pada salah satu ayat dalam al-Qur’an dengan pendekatan linguistik dan melihat pola penggunaan bahasa melalui pandangan John Langshaw Austin. Jenis penelitian yang digunakan adalah library riscarh (penelitian pustaka) karena objek material yang dibahas berupa teks, sehingga data yang diperoleh melalui buku-buku berupa konsep-konsep dan teori-teori pembacaan terhadap bahasa al-Qur’an, lalu melihat perbedaan cara kerja hermeneutik/tafsir secara garis besar. Hasil penelitian ini tidak akan memasuki ranah penafsiran atau pemaknaan terhadap objek penelitian, melainkan hanya pada batas mengetahui struktur penggunaan bahasa karena melalui pemahaman terhadap struktur penggunaan bahasa memungkinkan untuk melahirkan kritik atau membangun pemahaman mendalam. Adapun temuan yang didapat oleh peneliti yakni, teks al-Qur’an yang terkait merupakan berita yang disampaikan menggunakan kebahasaan manusiawi, yang penuh sugesti, bersistem dan produktif. Sementara dengan kacamata yang berbeda atau perspektif John Langshaw Austin dengan linguistik fenomenologis menggolongkan bagian dari performative locutionary act.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Firmansyahboaja.bolaja.maja@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Keywords: J.L. Austin, performative,Linguistik fenomenologis, struktur diskursif, soverign.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Firmansyah Firmansyah
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:57
Last Modified: 10 Aug 2018 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27090

Actions (login required)

View Item View Item