Ideologi keagamaan masyarakat industri : studi pemikiran dan praktik keislaman karyawan pabrik mie sedaap Manyar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajrian Syah, Akhmed Bayu Agung (2018) Ideologi keagamaan masyarakat industri : studi pemikiran dan praktik keislaman karyawan pabrik mie sedaap Manyar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Akhmed Bayu Agung Fajrian Syah_E02213001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tipologi merupakan metode untuk memahami pikiran yang berkembang. Metode ini dianggap sebagai obyektif karena berisi klarifikasi terhadap topik yang sama. Pemahaman Islam yang ideal dapat melahirkan Islam faktual yang merupakan respon umat Islam terhadap ajaran Al-Quran dan Sunnah. Tipologi dapat memberikan arti yang jelas dan memadai karena tipologi akan memberikan klasifikasi menurut perkembangan historis. Tipologi mempunyai beberapa klasifikasi gerakan ideologi diantaranya tradisional, puritan, militan, islamis politik, liberal, sekuler, modernis, ijtihad. Masyarakat industri di Manyar Gresik memiliki ragam pemikiran dan praktik keagamaan pada konteks yang berbeda. Corak ragam pemikiran berbeda dengan pemahaman Al Qur’an menghasilkan gerakan Ideologi yang bervariatif. Corak Ideologi yang dimiliki oleh karyawan pabrik mie sedaap Manyar Gresik cenderung pada Islam tradisional. Islam tradisional ini memunculkan sikap taqlid pada taraf tertentu hingga menimbulkan sikap taat dan patuh pada ulama dengan tanpa syarat. Sedangkan ulama fokus pada ritual yang juga disesuaikan dengan tradisi masyarakat Indonesia. Skripsi ini berjudu “Ideologi Keagamaan Masyarakat Industri (Studi Pemikiran dan Praktik Keislaman Karyawan Pabrik Mie Sedaap Manyar)” untuk mengetahui bagaimana pemikiran dan mengetahui praktik keislaman karyawan pabrik dikawasan industri Manyar Gresik. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif bertujuan untuk menjadi referensi oleh pemangku kebijakan didaerah sehingga dapat menghindarkan dari terjadinya hal-hal yang berpotensi membuat isu konflik agama sebagaimana didaerah-daerah lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajrian Syah, Akhmed Bayu Agungakhmedbayu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Akhlak
Aliran dan Sekte
Antropologi Budaya
Ideologi Islam
Ijtihad
Masyarakat Islam
Pemikiran
Adat
Keywords: Tipologi, Ideologi, Karyawan Mie Sedaap
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Syah Akhmed Bayu Agung Fajrian
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:53
Last Modified: 14 Aug 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27174

Actions (login required)

View Item View Item